oleh

Momen Prajurit TNI Pamer Skill di Depan Pangdam XVIII Kasuari

BINTUNI, Linkpapua.com – Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengunjungi markas Batalyon Infantri 763/Sanetia Buerama Amor (SBA) Brigade Infantri 26/Gurana Piarawaimo (GP) di Kabupaten Teluk Bintuni, Senin (19/4/2021). Kedatangan Pangdam dimanfaatkan para prajurit untuk menunjukkan berbagai keterampilan tempur.

Pamer skill prajurit TNI AD ini diawali dengan strategi patroli yang berlangsung senyap dan tepat sasaran dalam melumpuhkan musuh. Kemudian rombongan Pangdam XVIII/Kasuari disuguhi keterampilan prajurit dalam menggunakan mortir.

Ini adalah senjata artileri yang pelurunya diisi dari depan, dengan kecepatan tembak yang rendah serta jangkauan dekat.

Selanjutnya Pangdam dan rombongan disuguhi keterampilan prajurit Yonif 763/SBA dalam menggunakan Senapan Serbu (SS) 2 P4. Senjata buatan PT Pindad dengan berat 4,15 kilogram dengan kapasitas amunisi 30 butir ini, memiliki jarak tembak efektif sampai dengan 200 meter dengan jarak bidikan maksimal 600 meter.

Dari penggunaan senapan serbu, Pangdam kemudian disuguhi kemampuan prajurit dalam menggunakan pisau dan kampak lempar. Melihat kemampuan ini, Pangdam langsung memberikan hadiah kampak dan meminta prajurit untuk mencobanya.

“Saya salut dengan keahlian yang tadi kalian tunjukkan. Keterampilan ini seharusnya dilakukan oleh prajurit minimal setingkat kopral atau bintara, dengan pelatih perwira. Tapi kalian di sini yang baru prada, sudah mampu melakukan itu,” kata Nyoman Cantiasa saat menyampaikan arahan kepada prajurit.

Sebelum memberikan pengarahan ke prajurit, Pangdam dan Bupati Teluk Bintuni melakukan penanaman pohon matoa di tepi lapangan Markas Yonif.

“Kalian harus kenal dengan Pak Bupati, karena di wilayah ini beliaulah Bapak Kita. Kita di sini tidak bisa bekerja sendiri, jadi harus saling bantu dengan pemerintah daerah,” ujar Pangdam, mengawali arahan

Dalam kesempatan ini, selain Komandan Batalyon 763/SBA Letkol Inf Horison Ramadhan dan Komandan Brigif 26/GP Kolonel Faisol, juga tampak hadir Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw, Wakil Bupati Matret Kokop, serta anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Yasman Yasir. (LP5/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini