26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    “Lettoan” Meriahkan Peresmian Rumah Adat Toraja di Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Puncak acara peresmian rumah adat Toraja dan rumah kaki seribu di Kabupaten Manokwari diwarnai prosesi adat lettoan. Lettoan adalah miniatur Tongkonan berbahan dasar bambu yang diisi babi yang masih hidup.

    Lettoan dibuat sedemikian rupa agar dapat ditandu oleh 4-8 orang atau lebih dan diarak menuju ke rumah tempat hajatan diselenggarakan. Biasanya, sambil mengarak, orang-orang yang ditugaskan menandu acap kali mengguncang Lettoan keras-keras sambil berpekik menandakan kegembiraan.

    Baca juga:  Hermus Sebut Rumah Adat Tongkonan Jadi Destinasi Baru Manokwari

    Acara tersebut merupakan kebudayaan warga Toraja yang biasa diperagakan dalam acara-acara peresmian rumah adat serta gedung-gedung sakral lainnya. Termasuk peresmian gedung gereja.

    Lettoan juga merupakan prosesi adat masyarakat Toraja pada saat acara mangrara banua yaitu syukuran. Syukuran tersebut untuk selesainya pembangunan rumah Adat Toraja di Manokwari.

    Baca juga:  Joni Patanduk, Sosok yang Berkontribusi Khusus atas Pembangunan Tongkonan IKT Manokwari

    Lettoan yaitu kontes mengarak babi dengan simbol-simbol budaya Toraja yang mewakili tiga dimensi kehidupan manusia.

    Pada acara peresmian ini, Kepala Suku Arfak Dominggus Mandacan tidak ketinggalan. Salah satu di antara puluhan lettoan yang diarak oleh warga menuju lokasi peresmian adalah milik Dominggus.

    Baca juga:  18 Raperda Masuk dalam Propemperda Manokwari

    Pemandu acara arak lettoan tersebut dipimpin oleh Pong Barumbun tokoh adat terkemuka yang didatangkan oleh panitia langsung dari Toraja. Arak-arakan lettoan tersebut berlangsung kurang lebih tiga jam. Di mana lettoan sendiri sudah mulai antre di lokasi peresmian sejak pukul 05.00 dini hari. (LP6/red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota Sorong

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada...

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...