26.4 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Legislator Papua Barat Desak Dinas Pendidikan Awasi Dugaan Pungli PPDB

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Anggota DPR Papua Barat, Syamsudin Seknun, mengkritisi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023. Dia mendapat laporan masih adanya pungutan liar selama PPDB.

    “Dalam penerimaan siswa baru kami mendapat keluhan dari orang tua siswa bahwa di sebagian besar wilayah terjadi pungutan kepada siswa yang seharusnya tidak dilakukan. Apalagi itu dilakukan pada sekolah-sekolah negeri. Kondisi itu sangat ironis sekali masih terjadi lagi, “ujar Seknun, Senin (4/7/2022).

    Baca juga:  Pj Gubernur dan Pj Sekda Papua Barat Tak Hadir, Sidang Penyampaian KUA-PPAS Ditunda

    Dikatakannya, DPR Papua Barat dan Pemprov Papua Barat sudah berjuang agar dalam Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) sudah mengamanatkan pendidikan di tanah Papua gratis dari tingkat SD hingga perguruan tinggi, khususnya bagi orang asli Papua (OAP).

    “Dengan masih adanya keluhan dari masyarakat berkaitan ini tentu sangat disayangkan. Untuk itu Dinas Pendidikan harus melihat persoalan ini. Jangan sampai karena ada beban biaya pendidikan menyebabkan anak-anak Papua. Pihak sekolah juga harus rasional dalam menghitung biaya masuk sekolah. Jika ada alasan karena tidak dianggarkan, maka sejak awal harus ada perencanaan dan memberikan penjelasan ke orang tua dasar pungutan ke siswa itu apa. Dinas perlu turun melakukan sidak ke sekolah-sekolah,” bebernya.

    Baca juga:  DPR PB Khawatir Pergeseran Anggaran Akan Pengaruhi Kinerja Pemerintahan

    Baginya, kondisi ini menyebabkan pandangan pelaksanaan Otsus tidak berjalan. Sebab, seharusnya kebijakan berpihak pada OAP.  Meskipun belum ada regulasi berupa Perdasus maupun Perdasi, baginya Peraturan Pemerintah (PP) sebagai tindak lanjut dari UU Otsus sudah mengatur itu. (LP3/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...