27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Hermus Beri Selamat Provinsi PBD, tapi Minta 4 Distrik Dikembalikan ke Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Bupati Manokwari Hermus Indou menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Sorong raya atas disahkannya pembentukan Provinsi Papua Barat Daya (PBD). Hermus menyebut ini adalah buah dari perjuangan rakyat.

    Sebelumnya, pemerintah juga telah memekarkan tiga provinsi baru di Papua. Yakni Papua Pegunungan l, Papua Tengah dan Papua Selatan. Sementara provinsi Papua Barat resmi memekarkan satu provinsi baru yaitu Papua Barat Daya.

    Baca juga:  Waterpauw Ubah Komposisi 7 Pejabat yang Akan Dilantik: Diganti karena tak Bisa Kerja

    Hermus berharap, dengan pemekaran PBD, sengketa batas wilayah dan beberapa wilayah adat yang menjadi cakupan wilayah Kabupaten Manokwari berdasarkan undang – undang nomor 12 tahun 1969 juga bisa diakhiri. Ia menyebutkan, setelah Provinsi Papua Barat Daya terbentuk, pemerintah pusat diharapkan memfasilitasi 4 distrik agar segera dikembalikan ke wilayah Manokwari.

    Baca juga:  Blokade Jalan gara-gara Hoaks Vaksin, Bupati Manokwari Temui Warga di Warmare

    “Sebab ini merupakan aset Kabupaten Manokwari. Karenanya harus segera dikembalikan kepada pemerintah Kabupaten Manokwari,” pinta Hermus, Kamis (17/11/2022).

    Ia menjelaskan, dari aspek rentang kendali, 11 distrik yang telah dimekarkan tersebut lebih dekat dengan Manokwari. Jika masuk ke Provinsi Papua Barat Daya itu sangat sulit untuk ke Kota Sorong dan membutuhkan biaya yang mahal.

    Baca juga:  Tiba di Jayapura, Wapres Akan Temui Tokoh Pegiat HAM dan Pimpinan Asosiasi Pengusaha

    Karena itu Hermus meminta agar pemerintah kota Sorong dan Tambrauw bisa memahami hal ini. Ia mengatakan, pengurusan hak wilayah harus diselesaikan secara adat dan hukum berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

    “Itu menjadi keharusan agar wilayah Manokwari bisa dikembalikan,” tutup Hermus. (LP8/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar...

    Jalin Kekompakan Antar Anggota, Polres Teluk Bintuni Gelar Berbagai Lomba 

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar berbagai lomba antar anggota kepolisian. Lomba dipusatkan di...

    Persiapan Pilkada Serentak 2024, KPU Manokwari Mulai Perekrutan Penyelenggara Ad hoc

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari dalam kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak...