25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Digunakan sejak 1997, Manokwari Butuh Kolam Sampah Baru

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kebutuhan akan kolam baru untuk menampung sampah produksi masyarakat setiap harinya di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, urgen. Kolam yang ada saat ini sudah penuh.

    Kepala Seksi Pengangkutan dan Proses Akhir Sampah Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Manokwari, Christovel, mengatakan kolam untuk menampung sampah saat ini sudah digunakan sejak 1997 silam. Seharusnya, kata dia, 10 tahun lalu sudah ada kolam baru.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Ajak Perangkat Kampung Tanamkan Semangat Cinta Tanah Air

    Christovel menyebut Manokwari sebagai ibu kota provinsi punya jumlah penduduk yang banyak. Hal itu tentu akan berbanding lurus dengan produksi sampah.

    “Saat ini sudah dipenuhi hingga berbentuk gunung seharusnya sudah ada kolam baru untuk menampung sampah,” kata Christovel saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (14/6/2022).

    Baca juga:  Imbas PPKM, Serapan APBD Manokwari Masih di Bawah 30 Persen

    Terkait hal ini, DLHP Manokwari sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan berencana mengadakan pertemuan dengan Bupati Manokwari, Hermus Indou, membahas penggalian kolam sampah baru.

    Selain itu, Christovel juga membeberkan belum adanya penambahan armada maupun kontainer sampah karena anggaran terbatas. Biar begitu, pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

    Baca juga:  Kesadaran Adminduk Masyarakat Manokwari Masih Rendah

    “Anggaran Rp13,9 miliar hanya operasional yang digunakan untuk gaji petugas, BBM, dan sparepart,” ucapnya.

    Christovel mengungkapkan saat ini pihaknya mengoperasikan 20 truk, terdiri atas 6 dump dan 14 ambrol. “Ambrol sudah banyak yang tua. Hanya bisa beroperasi 1 sampai 2 minggu sudah rusak,” kata dia. Hal inipun menjadikan anggaran untuk operasional membengkak untuk servis armada. (LP9/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...