26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari Ajak Perangkat Kampung Tanamkan Semangat Cinta Tanah Air

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, menekankan bahwa semangat cinta tanah air harus tumbuh dan merasuk dalam jiwa tiap perangkat kampung.

    Hermus menyampaikan itu dalam sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat kampung yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (21/8/2023).

    “Negara bisa eksis dalam pembangunan dari berbagai bidang dan kita sudah rasakan saat ini sehingga kehadiran Kementerian Pertahanan bagian dari pendekatan melalui pemerataan pembangunan,” ujar Hermus.

    Baca juga:  Inflasi Dunia dan Lockdown Tiongkok Peluang Bagi Petani Indonesia, Mendag Lutfi di WEF 2022: Jangan Dirusak Standar Ganda

    Pentingnya kedekatan antara masyarakat dan negara menjadi sorotan utama dalam pesan yang disampaikan Hermus. Ia menegaskan akses yang telah diberikan negara kepada masyarakat haruslah diiringi dengan pembangunan wawasan dan cinta terhadap tanah air.

    “Penting untuk membangun wawasan dan kecintaan terhadap terhadap negara. Perangkat kampung adalah garda terdepan karena berada di pelosok,” katanya.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari dan DPRD Mulai Bahas Ranperda Limbah Domestik

    Staf Ahli Bidang Ekonomi dari Kemenhan, Mayjen TNI Piek Budyarto, juga berharap sosialisasi bela negara ini mampu menanamkan dasar-dasar cinta tanah air dalam diri tiap perangkat desa.

    “Kegiatan ini bertujuan membangun sikap dan mental untuk cinta tanah air dan miliki kesadaran rela berkorban. Implementasi penting dibutuhkan untuk negara. Apalagi dengan dinamika saat ini terdapat ancaman bagi kedaulatan jika tidak diantisipasi,” ungkapnya.

    Baca juga:  Serapan APBD Manokwari Tembus 50 Persen, DAK Masih Tunggu Transfer

    Tak lupa diingatkan pula, bahwa kualitas SDM memiliki peran sentral dalam menjaga keberlanjutan negara. Lebih dari sekadar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tiap warga negara juga harus memiliki kesadaran dalam menjunjung tinggi nilai-nilai bela negara.

    Upaya bela negara tidak sekadar slogan, namun harus tecermin dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tiap perangkat kampung yang merupakan bagian tak terpisahkan dari fondasi bangsa. (LP3/Red)

    Latest articles

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung Tamsil- Yohana Hindom (Utayoh) pada pilkada serentak 27 November mendatang....

    More like this

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung...

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...