26.9 C
Manokwari
Jumat, April 19, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Desember Papua Barat Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD: Siapkan Mitigasi

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir, mengatakan wilayah Papua Barat berpotensi menghadapi cuaca ekstrem selama beberapa bulan ke depan. Ia meminta warga untuk menyiapkan berbagai langkah mitigasi.

    “Papua Barat berpotensi akan menghadapi curah hujan yang tinggi atau bisa dibilang ekstrem. Potensi tersebut diperkirakan akan mulai di bulan Desember nanti, dan kemungkinan akan bertahan sampai tahun depan,” kata Derek, Selasa (29/11/2022).

    Baca juga:  Polresta Manokwari : 48 TPS Masuk Kategori Rawan

    Derek mengemukakan, dalam situasi itu, masyarakat harus memahami kondisi lingkungannya dengan baik. Kata dia, ini agar bisa dilakukan langkah-langkah mitigasi atau upaya meminimalkan risiko dengan tepat.

    Baca juga:  Pangdam: Protokol Kesehatan Langkah Tepat Putus Rantai Penularan Covid-19

    “Hal utama yang perlu diperhatikan adalah mengenal kondisi lingkungannya dan ruang gerak kita dengan baik. Apakah itu di lereng, pantai atau daerah aliran sungai,” jelasnya.

    Pada kesempatan itu, Derek menjelaskan bahwa potensi bencana yang kemungkinan muncul ketika curah hujan sangat tinggi yakni, longsor dan banjir. Langkah-langkah pencegahan risikonya (mitigasi) tentu berbeda. Itulah sebabnya kenapa warga diminta untuk terlebih dahulu memahami kondisi lingkungannya.

    Baca juga:  Wonggor: Penerimaan Bintara Polri Noken Harus Prioritaskan Orang Asli Papua Barat

    “Untuk warga yang akan beraktivitas juga diharapkan untuk selalu berhati-hati, baik saat berkendara di darat maupun di laut, peralatan penanggulangan agar selalu sedia,” tambahnya lagi. (LP2/Red) 

    Latest articles

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis Manibui, mengapresiasi dukungan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny E...

    More like this

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...

    Forkoda PP DOB Minta Calon Kepala Daerah di Tanah Papua Wajib Tes DNA

    JAKARTA, linkpapua.com - Ketua Forum Komunikasi Daerah untuk Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda...

    KPU Gelar Rapat, Bahas Tahapan Pilkada Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- KPU Papua Barat menggelar rapat koordinasi bersama seluruh komisioner KPU kabupaten se-Papua Barat...