28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Dari Pembukaan Pesparani Katolik Nasional II: Bukti Harmoni Sesama Anak Bangsa

    Published on

    KUPANG, Linkpapua.com – Sebanyak 34 delegasi dari seluruh provinsi siap berlomba pada Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional II Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tak hanya jadi pesta keagamaan, ajang ini juga menjadi harmoni sesama anak bangsa.

    Pesparani Katolik Nasional II dibuka, Jumat (28/10/2022), di Stadion Oepoi Kupang, NTT. Pembukaan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-94.

    Ketua Umum Pelaksana Pesparani Katolik Nasional II, Jamaludin Ahmad, mengatakan Pesparani Katolik Nasional II seharusnya dilaksanakan pada 2020 lalu. Namun, diundur ke 2022 karena memuncaknya pandemi Covid-19.

    Baca juga:  Momentum yang Tepat Rombak Kabinet

    “Ajang ini diikuti oleh 3.000 kontestan dari 34 provinsi di Indonesia. Selain untuk acara keagamaan, kehadiran kontestan dan ofisial masing-masing diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di Kota Kupang,” ujar Jamaluddin yang juga Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama (PWNU) NTT.

    Jamaluddin mengungkapkan, Pesparani merupakan salah satu momen pertemuan terbesar umat Katolik se-Indonesia. Selain unsur pemerintahan, Pesparani Katolik Nasional II juga dihadiri para uskup dari seluruh keuskupan se-Indonesia.

    Baca juga:  Menag Yaqut: Pesparani Nasional Momentum Umat Katolik Membangun Bangsa

    Lembaga Pembinaan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) sendiri adalah lembaga yang bergerak di bawah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

    Salah satu misi LP3KN adalah menggali, mengembangkan, dan melestarikan kekayaan seni budaya gerejani beserta kandungan nilai spiritualnya dalam perpaduan seni budaya lokal sebagai bagian dari kekayaan iman yang perlu diwarisi dan dikembangkan gereja.

    Baca juga:  Dibuka Wagub NTT, Expo Nusantara Rangkaian Pesparani Katolik Nasional II Dimulai

    Ketua Umum LP3KN, Adrianus Meliala, menyatakan bahwa Pesparani Katolik Nasional II melambangkan kehidupan beragama di Indonesia yang harmonis seperti ditunjukkan dengan keterlibatan organisasi lintas keagamaan dalam kepanitiaan.

    Sementara itu, Jamaludin menambahkan keterlibatan pemuda lintas agama dalam kepanitiaan Pesparani merupakan satu bentuk konkret bentuk penguatan sesama anak bangsa. (LP8/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Sekjen PWI Bantah DK Soal Anggaran UKW Rp2,9 M tak Jelas: Itu Fitnah

    JAKARTA, linkpapua.com- Sekretaris Jenderal PWI Pusat Sayid Iskandarsyah membantah pernyataan Dewan Kehormatan PWI terkait...

    Menko Polhukam Dorong Produksi Karya Jurnalistik Berwawasan Kebangsaan

    JAKARTA,linkpapua.com- Rencana program Sosialisasi Pers Berwawasan Kebangsaan yang akan dilakukan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia...

    Putra Papua Piet Bukorsyom Resmi Dilantik jadi Kepala Kanwil Kemenkumham Papua Barat

    JAKARTA,linkpapua.com- Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly melantik 57 Pimpinan Tinggi Pratama di...