26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Menag Yaqut: Pesparani Nasional Momentum Umat Katolik Membangun Bangsa

    Published on

    KUPANG, Linkpapua.com – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan Pesparani Katolik Nasional II menjadi sarana bagi umat Katolik untuk terlibat dalam membangun bangsa. Di momentum ini pula umat Katolik dituntut menunjukkan sportivitas.

    Hal ini disampaikan Menag Yaqut dalam pembukaan Pesparani Katolik Nasional II di Kupang, NTT, Jumat (28/10/2022) malam. Pembukaan ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Kardinal Ignatius Suharyo, bersama para Uskup Agung yang hadir.

    Baca juga:  Yasonna Laoly : Dulu Media Tutup Karena Rezim, Sekarang Imbas  Persaingan Digitalisasi dan Pandemi

    Mendag Yaqut berharap para kontingen memperkuat solidaritas antarumat beragama dan melestarikan budaya seni Indonesia. Karena dari ajang inilah akan lahir nilai nilai toleransi.

    “Saya yakini Pesparani II ini bakal menguatkan dan melestarikan kebudayaan Indonesia serta memperkuat tekad dan kerja sama dalam membangun Indonesia,” ujarnya.

    Baca juga:  Dibuka Wagub NTT, Expo Nusantara Rangkaian Pesparani Katolik Nasional II Dimulai

    Menurut Menag Yaqut, tugas utama umat saat ini adalah memperkuat persatuan dan kesatuan. Perbedaan suku dan agama harus dilebur dan menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang tidak boleh dipecah-pecah.

    Dijelaskan Menag Yaqut, Pancasila adalah nilai kekuatan bangsa. Pancasila selalu hadir dalam menjaga toleransi antar umat dan menghargai budaya dari tiap suku dan agama.

    Baca juga:  Konsolidasi di HUT Ke-61 IKWI, Ketua Umum: Evaluasi untuk Menjadi Lebih Baik

    “Saya berharap pemerintah provinsi NTT bisa memperoleh pertumbuhan ekonomi dari pelaksanaan Pesparani II ini. Pesparani ini juga harus memacu semangat para kontingen agar terus meningkatkan kreativitas dan kesenian bangsa Indonesia,” pungkasnya. (*/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Sekjen PWI Bantah DK Soal Anggaran UKW Rp2,9 M tak Jelas: Itu Fitnah

    JAKARTA, linkpapua.com- Sekretaris Jenderal PWI Pusat Sayid Iskandarsyah membantah pernyataan Dewan Kehormatan PWI terkait...

    Menko Polhukam Dorong Produksi Karya Jurnalistik Berwawasan Kebangsaan

    JAKARTA,linkpapua.com- Rencana program Sosialisasi Pers Berwawasan Kebangsaan yang akan dilakukan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia...

    Putra Papua Piet Bukorsyom Resmi Dilantik jadi Kepala Kanwil Kemenkumham Papua Barat

    JAKARTA,linkpapua.com- Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly melantik 57 Pimpinan Tinggi Pratama di...