25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Cerita Ketua PKK Mansel Berjuang Promosikan Batik: Rogoh Kantong Pribadi

    Published on

    MANSEL, inkpapua.com – PKK Manokwari Selatan tengah gencar memperkenalkan batik Arfak agar bisa menembus pangsa nasional. Ketua PKK Ny Sry Lestari Waran pun terpaksa harus merogoh kocek pribadi.

    “Jangankan untuk mengikuti pameran di luar, kegiatan promosi di daerah kita ini saja kami cukup kewalahan. Kami tak punya anggaran. Bantuan dari pemda pun hampir tidak ada,” tutur Ny Sry saat pameran batik Arfak pada peringatan Hari Kartini, 21 April lalu.

    Ia menuturkan, batik Arfak punya potensi besar. Produk lokal ini bisa menembus pasar nasional.

    Hanya selama ini PKK belum punya akses jauh karena terbatasnya anggaran. Kata Sry, mereka harus berjuang sendiri karena bantuan dari pemda sangat terbatas.

    Baca juga:  Tingkat Kesembuhan Covid-19 di RS Elia Waran Capai 94 Persen

    “Kami sudah punya program sebenarnya. Kami ingin tampilkan semua corak batik yang sudah kami desain, akan tetapi terbatasnya anggaran sehingga tidak semua dapat kami cetak,” ungkap Sry.

    Ny Sry menjelaskan, untuk ikut dalam pameran HUT Kartini saja ia harus menguras dana pribadi. Itupun angkanya tak seberapa.

    “Tapi meski dengan segala keterbatasan kami tetap semangat. Kami harus terus maju untuk mengangkat nama batik Arfak. Ini juga jadi suntikan moral bagi rekan-rekan PKK. Bahwa kami juga bisa,” tambahnya.

    Ke depan, Sry berharap agar pemerintah daerah dapat memberi perhatian kepada mereka agar bisa mempromosikan karya lebih luas lagi. Kata Sry, PKK Mansel tak boleh lagi jadi penonton. Harus berani ikut even-even besar di tingkat provinsi maupun nasional.

    Baca juga:  Wapres Jadi Saksi Pengiriman Perdana, Warga Kecewa Temukan Label dan Isi Berbeda Produk Bio Bintuni

    “Kami yakin bisa karena kami punya karya. Tekad saya bahwa Kabupaten Manokwari Selatan sudah ada maka kaum perempuan Arfak juga sudah harus tampil,” katanya.

    Hal senada disampaikan Ketua GOW Manokwari Selatan Ny Petrik Rengkung. Ia menuturkan, upaya yang dapat mereka lakukan sejauh ini adalah mengenakan kain batik Mansel ketika menghadiri kegiatan di luar daerah.

    Momen-momen khusus inilah yang dapat mereka manfaatkan untuk mempromosikan budaya Manokwari Selatan.

    Baca juga:  Perluasan Bandara Rendani Lanjut, Warga Bakal Direlokasi Lagi

    “Kebetulan melalui kain batik karya Ibu ketua PKK ini sangat memudahkan kita untuk menjelaskan budaya Arfak khususnya di Manokwari Selatan karena setiap corak yang dilukiskan memiliki makna serta filosifinya masing-masing” katanya.

    GOW juga akan selalu siap untuk memberikan dukungan kepada PKK Manokwari Selatan untuk mempromosikan kain batik Mansel tersebut. Sayangnya GOW sama halnya dengan PKK. Organisasi yang tidak memiliki cukup dana.

    “Harapan kami berdua ya kalau bisa pemerintah daerah boleh mendukung kami agar kami juga mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk membesarkan Manokwari Selatan melalui karya ibu ketua PKK ini,” tambahnya. (LP6/red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...