27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Wapres Jadi Saksi Pengiriman Perdana, Warga Kecewa Temukan Label dan Isi Berbeda Produk Bio Bintuni

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Seremoni pengiriman perdana produk olahan makanan dalam kaleng Bio Bintuni ke Kabupaten Demak, Jawa Tengah, berlangsung meriah, Jumat (14/7/2023). Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, bahkan menjadi saksinya. Meski begitu, ada fakta menarik yang perlu diungkap.

    Produk olahan makanan dalam kaleng yang terbuat dari hasil laut kini menjadi primadona di Kabupaten Teluk Bintuni, menjadi andalan untuk memajukan perekonomian lokal.

    Merek Bio Bintuni yang mengemas makanan olahan dalam kaleng diproduksi Rumah Produksi Bersama UMKM Bintuni dengan pengawasan ketat dari Unit Pengolahan Ikan (UPI) Mina Bahari 45, yang berlokasi di Bantul, Yogyakarta. Pabrik makanan siap saji ini berada di Kampung Waraitama SP 1, Distrik Manimeri.

    Jumat (14/7/2023), saat Wapres Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke Distrik Babo, produk dari pabrik tersebut dipamerkan. Melalui jalur virtual, Wapres Ma’ruf Amin menjadi saksi dalam pengiriman perdana produk Bio Bintuni ke Demak.

    Baca juga:  Laporan ke Wapres, Menko PMK: Suplai Rutin Atasi Kelangkaan Pangan di Papua Tengah

    Dari Distrik Babo, Wapres Ma’ruf Amin menekan tombol sirine sebagai tanda pemberangkatan truk kontainer yang akan mengangkut produk makanan dalam kaleng tersebut menuju Pelabuhan Manokwari, untuk selanjutnya diangkut menggunakan kapal.

    Makin meriah dengan pemotongan pita oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Teluk Bintuni, Frans Nikolas Awak, di pabrik pengalengan Kampung Waraitama, Distrik Manimeri.

    “Ini adalah pengiriman perdana produk Bio Bintuni ke Demak yang menjadi marketplace kita,” ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Teluk Bintuni, Haris Tahir, sesaat sebelum prosesi pemberangkatan oleh Wapres Ma’ruf Amin.

    Pabrik pengolahan makanan laut ini memiliki kapasitas produksi 30 kaleng dalam waktu 1 menit, menghasilkan sebanyak 7 ribu kaleng makanan olahan setiap harinya. Beberapa jenis makanan olahan yang diproduksi meliputi udang saus, kepiting saus tiram, ikan manyung sambal balado, dan ikan congge kuah kuning.

    Baca juga:  Jokowi Kumpulkan Pj Kepala Daerah: Yang 'Miring-miring' Saya Ganti

    Sebelum melakukan pengiriman perdana ke Demak, pabrik ini telah melewati uji coba selama enam bulan. Selain mengirimkan satu kontainer produk ke Demak, dalam acara pengiriman perdana ini, contoh produk juga dibagikan secara gratis kepada sejumlah tamu undangan yang hadir di pabrik pada Jumat (14/7/2023).

    Namun, berdasarkan informasi yang didapat, terdapat beberapa warga yang merasa kecewa dengan isi makanan dalam kaleng tersebut karena tidak sesuai dengan label yang tertera.

    Salah seorang warga di Kampung Idut mengungkapkan hal tersebut. Ketika mencoba makanan dengan label Kepiting Saus Tiram, ia menemukan bahwa yang ada di dalamnya sebenarnya adalah ikan congge kuah kuning.

    Baca juga:  Wapres Ma'ruf Amin Dorong Pengembangan Industri Pala di Fakfak

    Kejadian serupa juga dialami oleh warga di Kampung Lama, Distrik Bintuni Timur. Saat membuka makanan kaleng dengan label Kepiting Saos Tiram, mereka menemukan bahwa isinya sebenarnya adalah ikan congge kuah kuning.

    “Tadinya mau rasa makanan kepiting ini. Tapi, ketika Maitua buka, ternyata isinya ikan kuah kuning. Jangan sampai yang tadi sudah diberangkatkan ke Demak itu juga terjadi seperti ini. Label dan isi berbeda,” kata warga.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Teluk Bintuni, Haris Tahir, belum memberikan penjelasan terkait masalah ini. “Mohon kesabarannya, ada tamu yang masih ada,” jawabnya saat dikonfirmasi melalui telepon. (LP5/Red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...