Kamis, Oktober 5, 2023
28.3 C
Manokwari
28.3 C
Manokwari
Kamis, Oktober 5, 2023

Wapres Ma’ruf Amin Dorong Pengembangan Industri Pala di Fakfak

FAKFAK, LinkPapua.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke rumah produksi pala di Pala Papua Global Spices, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Wagom, Utara Distrik Pariwari, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Kamis (13/7/2023).

Di lokasi, Wapres Ma’ruf Amin mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses pengolahan dan bahan jadi pala. Selain itu, ia juga menanyakan kendala yang mungkin dihadapi selama proses produksi.

Wapres Ma’ruf Amin mengakui pala memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh karena itu, ia berkomitmen untuk memperbanyak penanaman pala dengan kualitas yang lebih bak lagi. Hal ini agar industri pala makin berkembang ke depan.

“Ternyata pala itu tidak ada yang terbuang mulai dari daging, bunga, hingga batok bijinya. Ini dulu daerah Fakfak terkenal dengan pala sehingga datang orang-orang Eropa. Pala ini diekspor ke Eropa dan Amerika. Saya dan pihak terkait akan membicarakan bagaimana kembangkan proses pengolahan pala Fakfak agar ekspor bisa besar,” ujarnya.

Baca juga:  Sambangi Papua Barat, Wapres Titip "PR" untuk Gubernur dan Bupati

Wapres Ma’ruf Amin juga menilai bahwa pala negeri memiliki kualitas yang sangat baik. “Ada yang ditanam oleh perkebunan, tapi kualitas pala negeri lebih bagus. Oleh karena itu, arealnya masih mungkin harus diperbanyak lagi dari potensi tadi. Kita akan bicarakan dengan pihak terkait bagaimana mengembangkan pala negeri yang sebenarnya nilai jual lebih tinggi,” katanya.

Baca juga:  Persuasi dan Kerja Sama Masyarakat, Kunci Keamanan Selama Kunjungan Wapres di Manokwari

Bupati Fakfak, Untung Tamsil, melaporkan produksi pala di wilayahnya mencapai 18 ribu ton per tahun dengan luas areal mencapai 16 ribu hektare.

Untuk mendorong peningkatan produksi, pihaknya saat ini sedang menggalakkan program pemanfaatan lahan tidur untuk penanaman pala.

“Kita juga buat program karena yang memiliki pohon pala ini masyarakat asli Fakfak,” ucapnya.

Setelah meninjau rumah produksi pala, Wapres Ma’ruf beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke hotel untuk istirahat. (LP9/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here