25.5 C
Manokwari
Sabtu, Juni 15, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Wamendagri Sebut Pendataan OAP Penting agar Program Tepat Sasaran

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo mengatakan pentingnya pemerintah Provinsi untuk melakukan pendataan bagi Orang Asli Papua (OAP).

    ”Perlu ada sensus untuk mendata OAP didaerah ini. Ini bisa dilaksanakan oleh pemprov melalui OPD terkait dengan menggandeng Badan Pusat Statistik. Dengan adanya data yang pasti maka keberadaan otsus itu bisa benar-benar dirasakan oleh orang Papua,”ujar Wetipo saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Papua Barat Senin (29/4/2024) di Manokwari.

    Baca juga:  Polisi Ingatkan Pelarangan Penggunaan Sepeda Listrik di Jalan Raya

    Disampaikan Wetipo, saat ini belum ada data yang dianggap komperhensif untuk data khusus jumlah OAP dimasing-masing daerah. Hak-hak orang asli Papua menurutnya wajib diperjuangkan dibutuhkan data yang valid.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Tetapkan 40 Propemperda 2023

    “Data itu penting sebagai acuan dalam program yang dilaksanakan. Sehingga jika membuat program apakah bisa cukup atau tidak. Untuk itu perlu juga evaluasi penggunaan dana otsus. Di daerah tidak dapat menyajikan data yang dibutuhkan sehingga alokasi dari pemerintah pusat tidak terukur. Pemerintah pusat itu selalu tanya data, lalu bagaimana kalau kita tidak punya. Tidak bisa hanya perkirakan-perkirakan saja,”jelasnya.

    Baca juga:  LDII Manokwari Gelar Festival Anak Sholih GEMA 2023, Libatkan 150 Peserta

    Sebelumnya, DPMK Papua Barat sendiri sudah merencanakan pendataan terhadap orang asli Papua selanjutnya dicatat melalui aplikasi SAIK+ yang terintegrasi dengan data kependudukan pada Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) setiap kabupaten di Papua Barat.(LP3/Red)

    Latest articles

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas Tahun 2024. Rakernis digelar tanggal 12-14...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    More like this

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis...

    Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Biro Kesra Pemprov Papua Barat bersama otoritas terkait tengah merancang sebuah...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Sebanyak 30 calon anggota legislatif pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 resmi ditetapkan sebagai...