28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Resmikan Sport Center Unipa, Dominggus: Lahirkan Atlet Masa Depan!

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan meresmikan Sport Center Universitas Papua, Manokwari, Senin (25/4/2022). Dominggus berharap wadah ini akan melahirkan atlet masa depan di Papua Barat.

    “Saya sangat berharap sport center Unipa dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang olahraga dan kewirausahaan. Masyarakat juga akan lebih mudah mendapatkan fasilitas olahraga yang lebih memuaskan dan nyaman,” jelas Dominggus.

    Dominggus mengatakan, sport center lahir dengan spirit membangun bidang olahraga. Agar kelak di masa depan lahir atlet yang bisa mengharumkan nama Papua Barat di kancah nasional. Bahkan di percaturan olahraga dunia.

    Baca juga:  Kontak Tembak dengan KKB di Maybrat, 1 TNI Gugur, 4 Luka Parah

    “Karena itu saya harap bangunan ini dijaga dan dirawat sebagaimana mestinya. Sehingga masyarakat dan mahasiswa dapat menggunakannya dengan baik. Dan memberi manfaat di masa depan,” ujarnya.

    Sport center Unipa dilengkapi sejumlah fasilitas. Di antaranya lintasan track atletik, lapangan bola, lapangan basket, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan softball dan lapangan gateball. Bangunan ini juga memiliki pendestrian kawasan, pekerjaan gerbang kawasan, pembangunan landscape, gedung kewirausahaan, gedung tribun, pembangunan pagar keliling dan drainase.

    Rektor Universitas Papua Meky Sagrim mengatakan, pembangunan sport center membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

    Baca juga:  Berhasil Kendalikan Inflasi, Pemkab Manokwari Dapat Dana Rp10 M dari Kemenkeu

    “Bangunan ini akan dipergunakan secara umum dan akan berkolaborasi dengan OPD untuk memanfaatkan fasilitas ini untuk menciptakan bibit atlet guna menyambut PON 21 mendatang,” tuturnya.

    Rektor juga berharap sport center nanti bisa menjadi ikon di Manokwari maupun Papua Barat.

    Setelah Peresmian ini, maka aset ini tercatat sebagai aset Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dalam minggu ini Unipa akan menyurat ke kementerian kaitan dengan aset ini.

    “Dipa Unipa tahun 2023 akan identifikasi apa saja yang akan dibiayai untuk pengelolaan. Para pimpinan akan selenggarakan rapat untuk membicarakan pengelolaan ke depan,” tuturnya.

    Baca juga:  Catat! Ini Jadwal Event Wisata Kuliner Khas Nusantara di Manokwari

    Kata dia, untuk menggunakan fasilitas sport center Unipa tidak dibuka secara gratis. Sport centre ini akan dikelola secara profesional oleh Unipa.

    “Kita akan keluarkan edaran seperti apa fasilitas ini dipergunakan dan soal tarif kita akan dirapatkan dalam rapat pimpinan. Setiap pengunjung yang masuk sport center Unipa harus menggunakan fisitor,” paparnya.

    Meski penggunaan sport center Unipa dipungut biaya, namun akan ada waktu dibuka gratis untuk umum dengan pembatasan waktu. Hal ini juga akan dirumuskan dalam rapat.(LP9/red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani...

    Cegah Banjir, Kodim 1806/TB Bersihkan Parit di Kampung Banjar Ausoy

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Komandan Kodim 1806/TB, Letkol Inf Teguh Eko Efendi memimpin pembersihan parit sepanjang...

    Hilang Saat Berburu, Yahya di Temukan Meninggal di Hutan Anggori

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sempat dinyatakan hilang saat berburu, seorang warga bernama Yahya ditemukan meninggal dunia...