26.3 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    PLTMH Anggi Menjadi Titik Pusat Kelistrikan di Pegunungan Arfak

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com—PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua Dan Papua Barat (UIW PPB) mengresmikan, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Anggi, kabupaten Pegunungan Arfak.

    PLTMH yang berada di Kampung Upperc, Distrik Anggi, itu berkapasitas 150 Kilowatt (Kw) dan akan terintegrasi sistem yang ada di kampung Sururey, kampung Demaisi dan kampung Taige. Sehingga PLTMH Anggi menjadi titik pusat kelistrikan di kabupaten Pegunungan Arfak.

    “PLTMH Anggi ini menjaga keandalan pasokan listrik di kabupaten Pegunungan Arfak,” kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua Dan Papua Barat (UIW PPB) Budiono melalui siaran pers yang diterima. Acara pengresmian PLTMH berlangsung pada Rabu (7/6/2023) lalu.

    Baca juga:  Kendala Cuaca, Surat Suara untuk KPU Pegaf Didistribusi Jumat Pagi

    Diketahui saat ini dari 166 desa/kampung yang ada di kabupaten Pegunungan Arfak, 74 kampung telah dilistriki oleh PLN. Sedangkan sisanya mendapatkan listrik dari non PLN maupun Program LTSHE (Lampu Tenaga Surya Hemat Energi).

    “PLN Berkomitmen melistriki desa-desa di Pegunungan Arfak dari 166 desa secara bertahap, tentu saja dalam melistriki kabupaten Pegunungan Arfak tidak dapat dilakukan sendiri namun harus berkoordinasi, berkolaborasi dan sinergi untuk dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang ada,” ucap Budiono.

    Baca juga:  Gedung GPKI Lahairoy Didohu Kelar Setelah 7 Tahun, Wonggor Apresiasi Perjuangan Jemaat

    Pengresmian dan pengoperasian PLTMH Anggi, sebut Budiono adalah wujud nyata dari sinergi bersama dari Kementrian ESDM, pemerintah daerah dan PLN. Dirinya berharap ke depannya kabupaten Pegunungan Arfak dapat menjadi kabupaten yang “Green” atau terbebas dari penggunaan energi fosil atau BBM.

    Baca juga:  Babinsa Koramil Persiapan Hingk Galang Warga Bersihkan Jalan Kampung

    Harapan itu, lanjut Budiono, dikarenakan Pegunungan Arfak memiliki potensi energi baru terbarukan yang besar.

    “Saat ini baru sepertiga potensi alam yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, masih ada dua pertiga potensi yang perlu dimanfaatkan,” sambungnya.

    Acara pengresmian dan pengoperasian PLTMH perwakilan Ditjen EBTKE Kementrian ESDM, Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw, Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy, serta dihadiri masyarakat Kampung Upprec. (LP2/RED)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Kendala Cuaca, Surat Suara untuk KPU Pegaf Didistribusi Jumat Pagi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat secara bertahap mulai mengirimkan surat suara ke...

    Orgenes Wonggor Reses di Pegaf, Ungkap Sederet Capaian di 2023

    MANOKWARI, linkapapua.com- Ketua DPR Papua Barat melakukan reses di Kabupaten Pegunungan Arfak, Minggu (17/12)....

    Warga 3 Kampung di Distrik Minyambouw Pegaf Keluhkan Listrik dan Jalan Rusak

    PEGAF, linkpapua.com- Masyarakat dari tiga kampung di Distrik Minyambouw, Kabupaten Pegunungan Arfak, mengeluhkan kondisi...