26.9 C
Manokwari
Kamis, Mei 30, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Pengelola Tambang Gajian C Diminta Terlibat dalam Normalisasi Kali Mati

    Published on

    MANSEL linkpapua.com– Tokoh pemuda Kampung Tobou, Manokwari Selatan, Jefri Mandacan berharap pemerintah memastikan pembangunan bronjong dari pantai ke jembatan Kali Mati. Selain itu, ia meminta agar normalisasi dioptimalkan agar potensi banjir bisa diminimalisir.

    “Untuk saat ini, normalisasi yang paling utama dan harapan kami selanjutnya pemerintah melalui dinas serta balai terkait harus pastikan membangun bronjong. Kami berharap jangan dibangun putus-putus kalau bisa bangun sampai di jembatan Kali Mati secara berkelanjutan,” harap Jefri Mandacan, Jumat (12/4/2024).

    Baca juga:  Bupati Mansel Tekankan Soliditas Aparat Selama Pengamanan Nataru

    Warga mendesak pembangunan bronjong dan normalisasi Kali Mati setelah banjir menerjang Kampung Tobou beberapa hari lalu. Banjir dipicu oleh meluapnya Kali Mati akibat tingginya curah hujan.

    Saat ini normalisasi sementara berlangsung. Jefri berharap, normalisasi dilakukan berkelanjutan.
    Pemerintah juga diminta memastikan untuk membangun bronjong dari jembatan Kali Mati sampai di muara pantai harus dibangun.

    Baca juga:  Kemendagri Beri Batas Waktu, Raperda PDRD Wondama Harus Disahkan Desember

    “Mau tidak mau, suka tidak suka harus pemerintah membangun bronjong tersebut dari jembatan kali mati sampai di muara pantai,” pintanya.

    Jefri juga mendesak pengelola tambah galian C terlibat dalam normalisasi Kali Mati. Menurut Jefri, selama ini tambang galian C telah andil dalam kerusakan di sekitar kawasan itu.

    “Mereka mengambil material dari Kali Mati mulai dari Hamor sampai di wilayah Sabri semua harus bersama-sama untuk melakukan normalisasi sampai ke pesisir pantai dari Wamcei sampai di muara,” katanya.

    Baca juga:  2,3 Juta Keping Blanko KTP-el Sudah Terdistribusi ke Disdukcapil Daerah

    Menurutnya, salah satu penyebab pendangkalan kali di arah pesisir pantai karena alat berat beroperasi bagian atas mengambil material. Alat berat yang beroperasi di Kali Mati juga terkadang mengambil material di pinggir-pinggir kali sehingga menyebabkan pengikisan di pesisir sempadan sungai. (LP11/red)

    Latest articles

    Ibu-ibu Pengajian di Mansel Dukung Frengki Mandacan Maju Pilkada 2024

    0
    MANSEL, LinkPapua.com - Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengajian di salah satu masjid di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, menyatakan dukungannya kepada bakal...

    More like this

    Ibu-ibu Pengajian di Mansel Dukung Frengki Mandacan Maju Pilkada 2024

    MANSEL, LinkPapua.com - Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengajian di salah satu masjid di...

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...