27 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
27 C
Manokwari
More

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    Published on

    JAKARTA, LinkPapua.com – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan sebagai yang terbaik dalam penerapan SPBE untuk kategori Kementerian.

    Penghargaan ini diberikan atas penerapan SPBE di Kemenkumham selama tahun 2023 dan diumumkan pada acara SPBE Summit 2024 yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (27/05/2024).

    Ini adalah kali kedua Kemenkumham mendapatkan penghargaan serupa, setelah sebelumnya meraih penghargaan yang sama pada SPBE Summit 2023.

    Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, menyatakan Kemenkumham telah menerapkan pelayanan publik berbasis digital untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berbagai layanan.

    Baca juga:  Menkumham Yasonna: Hari HAM Sedunia jadi Momentum Menjaga Keberagaman

    Beragam pelayanan digital yang tersedia meliputi aplikasi paspor, pendaftaran dan pencatatan kekayaan intelektual, konsultasi hukum, pengaduan HAM, layanan administrasi hukum umum, hingga pelayanan pemasyarakatan.

    “Masyarakat lebih mudah mengakses pelayanan di Kemenkumham. Pelayanan tidak lagi terbatas pada ruang kantor, tetapi bisa dimanfaatkan di mana saja masyarakat berada. Cukup dengan handphone dan akses internet,” ujar Andap.

    Andap menjelaskan terdapat delapan aspek SPBE yang terus ditingkatkan emenkumham, yaitu kualitas kebijakan internal, perencanaan strategis, sistem TIK, inovasi dan aplikasi, manajemen SPBE, audit TIK, layanan publik elektronik, dan layanan administrasi pemerintahan elektronik.

    Baca juga:  Jelang Nataru, Jasa Raharja Luncurkan Layanan Digital Terpadu

    Indeks SPBE Kemenkumham telah menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun, dengan nilai 3,18 pada tahun 2019, meningkat menjadi 3,68 pada tahun 2021, dan terbaru mencapai 4,21 pada tahun 2024 dengan predikat Memuaskan.

    “Teknologi digital terus berkembang. Karena itu Kemenkumham juga terus memperbaiki berbagai aspek pelayanan digital agar masyarakat semakin nyaman dan percaya terhadap pelayanan Kemenkumham,” ucap Andap.

    Penyelenggaraan SPBE yang baik di Kemenkumham sangat dipengaruhi komitmen pimpinan, khususnya Menkumham, Yasonna H. Laoly, serta kolaborasi antar unit kerja. Andap berkomitmen mengawal SPBE Kemenkumham menjadi lebih berkualitas.

    Baca juga:  Belanja Masalah, Pj Gubernur Papua Barat Sidak di PPI Manokwari

    “Kesuksesan Kemenkumham meraih penghargaan DGA dua tahun berturut-turut tidak lepas dari komitmen pimpinan, khususnya Menkumham, dan kolaborasi seluruh unit kerja untuk terus meningkatkan kepuasan layanan publik melalui optimalisasi penyelenggaraan SPBE sehingga layanan Kemenkumham menjadi lebih cepat, mudah diakses, dan lebih transparan,” ungkap Andap.

    Untuk diketahui, DGA adalah bentuk apresiasi yang diberikan oleh Kementerian PAN RB kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) yang telah menyelenggarakan SPBE. Pada tahun 2024, DGA diberikan kepada 65 dari 621 IPPD.(rls/Red)

    Latest articles

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam rangka Lebaran Idul Adha 1445 H/2024 M. Penyerahan dilakukan Wakil...

    More like this

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam...

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...