28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Mahasiswa di Manokwari Demo Tuntut Penegakan Hukum Kasus Mutilasi Warga Nduga

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Puluhan mahasiswa mengatasnamakan diri Mahasiswa Nduga dan Solidaritas Peduli Kemanusiaan Manokwari Papua Barat menggelar aksi demo di Jalan Utama, Kelurahan Amban, Manokwari, Senin (26/9/2022).

    Aksi yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIT itu mengakibatkan arus lalu lintas macet. Pengguna jalan, terutama menuju kawasan kampus Universitas Papua (Unipa), terpaksa dialihkan.

    Para pendemo menyerukan ketidakadilan dan dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap peristiwa pembunuhan dan mutilasi empat warga Nduga di Mimika oleh oknum prajurit TNI dan warga sipil.

    Baca juga:  Usai Raih UHC Award, Waterpauw Ungkap Obsesi Bangun RSUD di Pegaf

    “Pembunuhan dan mutilasi empat warga Nduga di Mimika merupakan dugaan pelanggaran HAM berat. Perbuatan pelaku terhadap korban tindakan pelecehan kemanusiaan,” jelas koordinator aksi, Yosias Kum.

    Massa sedianya hendak menyampaikan aspirasi di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat melalui aksi long march. Namun, permintaan itu dihalangi aparat kepolisian yang membentuk barikade.

    Akhirnya, perwakilan Kanwil Kemenkumham Papua Barat menemui massa aksi di lokasi aksi demo. Diketahui, jarak antara lokasi demo dan Kanwil Kemenkumham Papua Barat di Arfai sekitar lebih dari 10 kilometer.

    Baca juga:  Tuntut Perpanjangan Masa Jabatan Gubernur PB, Massa Blokade Jalan di Manokwari

    Selain mahasiswa Nduga, perwakilan mahasiswa Serui yang hadir dalam aksi juga menuntut agar penegakan hukum kasus pembunuhan dan mutilasi warga Nduga dituntaskan hingga selesai.

    “Kami perwakilan mahasiswa Serui meminta agar masalah ini jangan hanya didengar dari telinga kanan tembus telinga kiri,” ucap salah satu mahasiswa perwakilan mahasiswa Serui yang kuliah di Unipa.

    Baca juga:  Jaga Suasana Damai, Tokoh Masyarakat Arfak Minta Warga jangan Mudah Terprovokasi

    Setelah ditemui perwakilan Kanwil Kemenkumham Papua Barat, massa melalui koordinator menyerahkan tuntutan.

    Kepala Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Kanwil Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Piet Bukorsyom, usai menerima aspirasi massa mengatakan akan menindaklanjuti aspirasi mahasiswa. “Kami akan tindak lanjuti ini kepada pimpinan,” kata Piet.

    Sementara, Kapolres Manokwari, AKBP Parisian Herman Gultom, mengatakan 300 personel dikerahkan untuk menjaga para pendemo maupun mengatur arus lalu lintas. (*/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Hilang Saat Berburu, Yahya di Temukan Meninggal di Hutan Anggori

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sempat dinyatakan hilang saat berburu, seorang warga bernama Yahya ditemukan meninggal dunia...

    Aristoteles Wamafma Bulatkan Tekad Ikut Pilkada Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Salah satu figur yang aktif diberbagai organisasi gereja maupun politik yaitu Aristoteles...

    Maju Pilkada Manokwari, Hermus Yakin Dapat Dukungan Mayoritas Partai Politik  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dukungan bagi Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) Manokwari Hermus Indou yang juga...