25.5 C
Manokwari
Sabtu, Juni 15, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    LP3BH Manokwari Dukung Kejati Papua Barat Usut Kasus Kredit Ganda TNI

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, menyatakan dukungan penuh terhadap langkah Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat dalam menyelesaikan kasus kredit ganda yang menimpa anggota TNI di Papua Barat.

    Diketahui, sekitar 58 anggota TNI menjadi korban dalam kasus kredit ganda yang diduga dilakukan oknum bendahara TNI bekerja sama oknum pegawai bank pelat merah di Manokwari. Kasus ini masuk dalam kategori perkara koneksitas dan sedang diselidiki Kejati Papua Barat.

    Baca juga:  Tiga Kabupaten Segera Susul Raja Ampat-Sorong Jadi KSPN Papua Barat

    “Jika perbuatan pidana ini benar terjadi dan telah melibatkan oknum-oknum anggota TNI serta staf karyawan/wati salah satu bank pelat merah di Manokwari, maka sesuai ketentuan pasal 89 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), merupakan perkara koneksitas atau perkara yang diduga melibatkan pelaku dari lingkungan militer dan kalangan sipil,” kata Warinussy, Minggu (2/6/2024).

    Baca juga:  Soal Bentrok di Sorong, LP3BH Desak Kapolri Periksa Kapolres Sorong Kota

    Warinussy menambahkan pemeriksaan yang dilakukan Asisten Pidana Militer (Aspidmil) Kejati Papua Barat, Ridho Sihombing, beserta jajarannya terhadap sekitar delapan orang saksi, harus dilaksanakan berdasarkan amanat KUHAP.

    “Para terduga pelaku yang telah diduga mengakibatkan kerugian pada pemotongan gaji sekitar 58 prajurit TNI agar terus diproses hingga ditemukannya minimal dua alat bukti sesuai amanat pasal 184 KUHAP. LP3BH Manokwari akan senantiasa melakukan pengawalan terhadap segenap proses penyelidikan dan penyidikan perkara ini di Kejati Papua Barat,” ujarnya.

    Baca juga:  Soal Audit Gereja El Gibbor, Inspektorat Papua Barat Dinilai Hambat Kepastian Hukum

    Proses penyelidikan perkara koneksitas yang dilakukan Bidang Pidana Militer di Kejati Papua Barat terus berlanjut dengan pemeriksaan sejumlah saksi, baik dari pihak bank maupun TNI.(rls/Red)

    Latest articles

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat periode 2024-2029. Penetapan dilakukan...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    More like this

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan...

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis...

    Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Biro Kesra Pemprov Papua Barat bersama otoritas terkait tengah merancang sebuah...