25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    KPU Manokwari Hapus Puluhan Pemilih dari DPT Pemilu 2024

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com—Sebanyak 55 pemilih di Distrik Masni dihapus dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, Kabupaten Manokwari. Penghapusan puluhan pemilih tersebut atas rekomendasi Bawaslu Nomor: 0003/KET/PB.03/HM.02.00/06/2023 tertanggal 24 Juni 2023.

    Di hari yang sama, KPU Manokwari kembali menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT pemilu 2024 kabupaten Manokwari menjadi 138.128 pemilih yang terdiri atas 69.918 laki-laki dan 68.210 perempuan, dengan jumlah TPS 673.

    Baca juga:  Koramil Masni Berbagi Takjil Kepada Pengguna Jalan

    Sebelumnya, DPT ditetapkan sebanyak 138.183. Adapun jumlah pemilih distrik Masni pada awal penetapan DPT sebanyak 12.196 pemilih, berkurang menjadi 12.141.

    Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU, Fratino Rahawarin menjelaskan, saat rapat pleno penetapan DPT  pada 21 Juni lalu, Bawaslu Manokwari telah merekomendasikan penghapusan 65 pemilih di distrik Masni. Karena data pemilih tersebut dinyatakan sudah meninggal.

    Baca juga:  Tolak Permohonan PHPU Hanura, MK Tegaskan KPU Manokwari Bertindak Benar

    “Rekomendasi Bawaslu tesebut mengacu pada hasil temuan Panitia Pengawas (Panwas) distrik Masni. Temuan dari Panwas Masni itu diberikan pada tanggal 20 Juni tanpa melalui surat rekomendasi. Saat pleno DPT, temuan itu dipertanyakan sehingga KPU lakukan pencermatan,” ujar Fratino.

    Baca juga:  KPU Umumkan Nihil Kandidat Jalur Independen Pilgub Papua Barat 2024

    Hasil pencermatan, sebut Fratino, didapati dari 65 data pemilih tersebut, enam (6) orang sudah dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) di SIDALIH. Sementara, 55 orang sudah di-input TMS kode 1 SIDALIH.

    “Jadi, 4 orang tidak dapat di-TMS kan, karena tidak ada bukti dukung yang dapat menjadi dasar untuk dihilangkan (dihapus) dari DPT,” ungkapnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    PKS Resmi Mengusung Hero di Pilkada Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SK DPP PKS tentang Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati...

    Permudah Akses Informasi Pilkada, KPU Manokwari Buka Helpdesk

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sesuai jadwal dan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, pendaftaran...