26.8 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    Kemenpan-RB Puji Pelayanan Satlantas Polres Manokwari, Titip Sejumlah “PR”

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI melalui Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Papua Barat melihat langsung pelayanan di Satlantas Polres Manokwari, Selasa (6/9/2022). Ini sebagai tindak lanjut dari penilaian pelayanan lalu lintas di Polres Manokwari.

    Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Papua Barat, Supriyatna Djalimun, menjelaskan pihaknya melakukan penilaian pada unit penyelenggara layanan publik pemerintah daerah maupun kepolisian sesuai arahan Kemenpan-RB.

    Baca juga:  Kuota BBM Turun, SPBU Oransbari Tak Lagi Layani Pengisian Jeriken

    Berdasarkan Permenpan Nomor 29 Tahun 2022, ada enam instrumen penilaian, yakni kebijakan pelayanan publik, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

    Dia menilai, ada banyak perubahan sarana prasarana (sarpras) di Satlantas Polres Manokwari yang akhirnya membuat nyaman bagi pengguna layanan.

    “Di Satlantas Polres Manokwari banyak perubahan dari sisi sarana dan prasarana sudah sangat amat baik. Dengan memanfaatkan kondisi ruang kecil, tetapi bisa membuat nyaman bagi pengguna layanan. Karena ketika masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik, maka asumsi mereka terhadap layanan yang diberikan pun akan baik,” ujarnya.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Siap Meriahkan HUT RI Ke-78 dengan Lomba Lari 10 Km

    Tak hanya itu, dia juga merekomendasikan kepada unit pelayanan SKCK maupun satlantas di seluruh polres untuk dapat mengadopsi sarpras yang dimiliki Satlantas Polres Manokwari.

    Meski mendapat apresiasi, tetap ada pekerjaan rumah alias “PR” berupa rekomendasi yang harus dibenahi, seperti peningkatan kompetensi SDM serta publikasi informasi pelayanan publik.

    Baca juga:  Kapolres Manokwari Jempol Peran Ketua RT/RW dalam Menjaga Kamtibmas

    “Hanya perlu ada perbaikan rekomendasi yang tidak banyak, seperti peningkatan kompetensi SDM, publikasi terus update, informasi pelayanan publik harus ditingkatkan,” bebernya.

    Sementara itu, pelayanan SKCK direkomendasikan perbaikan sarpras untuk kenyamanan pelayanan.

    Sementara, Kasat Lantas Polres Manokwari, Iptu Subhan S. Ohoimas, menanggapi rekomendasi yang diajukan evaluator bahwa keterbatasan SDM bukan menjadi alasan untuk meningkatkan pelayanan kepasa masyarakat.

    Keterbatasan SDM itu menjadi motivasi dalam memaksimalkan kualitas pelayanan sesuai standar penilaian Kemenpan-RB. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase...

    Rela Pensiun Dini, Dominggus Rumadas Siap Maju Jadi Calon Bupati Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Salah satu putera Doreri, Dominggus Rumadas memutuskan untuk maju sebagai bakal calon...

    Hermus Serahkan DPA 2024, Targetkan Peningkatan Perekonomian Daerah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Memasuki triwulan kedua tahun 2024, Bupati Manokwari Hermus Indou akhirnya menyerahkan Dokumen...