25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Kantor Imigrasi Manokwari Minta Pemilik Penginapan Laporkan Keberadaan Orang Asing

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kantor Imigrasi Kelas I Manokwari menggelar sosialisasi bagi para pemilik hotel dan penginapan, Senin (22/8/2022). Langkah ini bagian dalam pengawasan orang asing di Manokwari.

    Kepala Imigrasi Kelas I Manokwari, Iman Teguh Adianto, menjelaskan koordinasi yang dilakukan selama ini sudah terjalin dengan baik. Sesuai aturan, kata dia, pemilik penginapan, hotel, atau mes diwajibkan melaporkan keberadaan orang asing yang datang menginap.

    Baca juga:  Bupati Manokwari: Pemkab Terus Berupaya Kembalikan Empat Distrik di Tambrauw

    “Meskipun memang masih ada penginapan yang lalai dalam melaporkan sehingga ini yang perlu diingatkan kembali. Memang dengan pandemi Covid-19 yang mulai menurun sehingga tingkat kunjungan orang asing meningkat ini yang perlu ditingkatkan pengawasannya,” kata Iman.

    Baca juga:  Kejari Fakfak Sita Puluhan Dokumen Dana Hibah Pilkada dari Kantor KPU

    Dikatakannya, Imigrasi memerlukan peran serta semua pihak untuk ikut melakukan pengawasan terhadap keberadaan orang asing. Dirinya menekankan agar tiap pemilik penginapan wajib melaporkan jika ada orang asing yang menginap.

    “Misalnya, berapa lama, jumlahnya, dan dari negara mana. Sesuai aturan ada sanksi bagi pemilik penginapan yang tidak melaporkan ke Kantor Imigrasi. Sehingga untuk memudahkan pelaporan orang asing sudah ada aplikasi untuk pengawasan orang asing,” ucapnya.

    Baca juga:  Mahasiswa STIH KKN di Kampung Muari, Diharap Beri Perubahan Positif

    Dia berharap dengan adanya sosialisasi ini terjalin koordinasi dalam pengawasan orang asing. Tiap data orang asing tersebut wajib diberikan kepada pejabat Imigrasi. (LP3/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...