26.4 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Ini Titik Lokasi Penemuan Kapal Pengangkut Barang yang Hilang di Perairan Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Hilang sejak Selasa (25/10/2022), kapal pengangkut barang bernama Penjuru Bintang yang hilang di perairan Kabupaten Manokwari, Papua Barat, akhirnya ditemukan, Rabu (26/10/2022).

    Polres Manokwari dan Basarnas dibantu Polda Papua Barat yang melakukan pencarian sejak Rabu pagi dan berhasil menemukan kapal itu pada siang hari. Lokasi kapal tersebut berjarak sekitar 13 mil antara Manokwari dan Numfor.

    “Setelah menemukan kapal tersebut, saat ini sedang diupayakan penarikan kapal sambil ABK berupaya memperbaiki kapal tersebut. Berdasarkan penuturan dari nakhoda, kapal tersebut berisi tiga ABK. Sejauh ini kondisi ABK cukup baik. Nantinya setibanya di Manokwari akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kapolres Manokwari, AKBP Parasian Herman Gultom, Rabu (26/10/2022).

    Baca juga:  Perempuan Tergeletak di Jalan Utama Maruni, Obeng Masih Tertancap di Perut

    Gultom menjelaskan, kapal itu sedianya berlayar dari Manokwari menuju Pulau Numfor, Papua. “Kapal tersebut mengalami kerusakan mesin sekitar Selasa siang. Lalu nakhoda kapal meminta bantuan dari nelayan agar bisa memperbaiki alat yang rusak tersebut,” ucap Gultom.

    Namun, lanjutnya, saat kembali ke titik kapal terakhir berada kapal sudah tidak ada. “Selanjutnya dilaporkan ke Basarnas yang dilanjutkan koordinasi dengan Polres dan Polda untuk melakukan pencarian,” ucapnya.

    Baca juga:  Sepekan Operasi Lilin di Mansinam Diklaim Berlangsung Aman

    Sebelumnya diberitakan, nakhoda kapal, Muhammad Amran Nur, melaporkan mereka mengalami mati mesin sekitar pukul 11.00 WIT, Selasa (25/10/2022), di perairan Manokwari. Kata Amran, saat mati mesin ia turun dari kapal dan menumpang di perahu nelayan untuk memperbaiki alat yang rusak. Alat itu dibawa ke Manokwari.

    Pada pukul 17.00 WIT, alat yang diperbaiki tersebut sudah selesai diperbaiki dan akan kembali ke kapal. Namun, kapal bermuatan barang tersebut sudah hanyut meninggalkan posisi terakhirnya.

    Baca juga:  Operasi Zebra Mansinam Dimulai: Kapolda PB Instruksikan Lebih Humanis

    Setelah melakukan pencarian sendiri, akhirnya pada pukul 22.40 WIT nakhoda kapal tersebut melapor ke Basarnas. ia menjelaskan ada beberapa teman yang tertinggal di kapal, yaitu Mateus (25), Owel (21), dan Ari (27).

    Merespons laporan tersebut, Kepala Kantor Basarnas Manokwari, I Wayan Suyatna, melalui Kasi Operasi dan Siaga mengerahkan satu tim ke lokasi. Mereka adalah regu gabungan yang terdiri atas 6 personel dari Basarnas, 7 personel KPLP, dan 2 personel Polair. (LP3/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...