27.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Operasi Zebra Mansinam Dimulai: Kapolda PB Instruksikan Lebih Humanis

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Polres Manokwari menggelar apel menandai dimulainya pelaksanaan Operasi Zebra Mansinam, Senin (15/11/2021). Operasi ini akan lebih humanis namun tetap akan menindak para pelanggar.

    Dalam sambutan Kapolda Papua Barat yang dibacakan Kapolres Manokwari AKBP Dadang Kurniawan menyampaikan, sesuai amanat UU Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Operasi Zebra Mansinam tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kali ini lebih preventif dan preemtif.

    Baca juga:  Komisi C DPRD Manokwari Soroti Rendahnya Kualitas Pekerjaan Tahun Anggaran 2022

    “Operasi ini mengedepankan kegiatan edukasi, persuasif, simpatik dan humanis. Kegiatan bersifat humanis untuk penurunan titik lokasi kemacetan,” jelas Kapolda.

    Operasi Zebra Mansinam digelar 15-28 November. Sasaran operasi adalah bentuk gangguan, ambang gangguan, yang berpotensi menyebabkan kemacetan. Termasuk pelanggaran dan laka lantas. Disebutkan Kapolda, tindakan tegas petugas di lapangan harus terukur.

    Baca juga:  PAN Teluk Bintuni Suarakan Pemilu Damai: Jangan Ada Polarisasi

    Dijelaskannya, Operasi Zebra Mansinam 2019 mengalami penurunan sebanyak 67 persen. Tahun 2020 kembali menurun 12 persen. Sementara data lakalantas 2018 dengan jumlah kejadian sebanyak 6 kasus dengan rincian meninggal 2 orang, luka berat 2 orang dan luka ringan 5 orang.

    Baca juga:  5 Kampung di Pegaf Diterjang Puting Beliung, BPBD PB Percepat Penanganan

    Kapolres Manokwari menjelaskan selain anggota Satlantas, yang terlibat dalam Operasi Zebra Mansinam 2021 juga berasal dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan.

    “Untuk personel dari satuan lalu lintas yang terlibat berjumlah 28 orang yang nantinya juga melibatkan TNI, Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan,” tutup Dadang. (LP3/Red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...