27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Humas Polda : Papua Barat masih cukup kondusif

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapuabarat.com-Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Adam Erwindi mengatakan situasi keamanan di daerah ini masih cukup kondusif pascapemungutan suara Pilkada serentak 9 Desember

    “Tidak ada kejadian-kejadian menonjol yang mengganggu situasi Kamtibmas. Ada riak-riak kecil tapi masih bisa diatasi personil Polri dan TNI di lapangan,” ucap Adam, Sabtu (12/12).

    Terkait gerakan Golput serta persoalan kepemiluan Polda Papua Barat terus memantau serta melakukan inventarisasi. Sedangkan persoalan-persoalan di tempat pemungutan suara (TPS) sudah ditangani oleh KPU dan Bawaslu.

    Baca juga:  Tidak Cukup Bukti, Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Pejabat Pemprov Papua Barat Dihentikan

    Pihaknya mengimbau para kandidat tetap menahan diri serta tidak frontal dalam menyikapi masalah yang terjadi selama pemungutan suara. Begitu pula kandidat yang merasa unggul dari hasil penghitungan cepat.

    “Jangan bereuforia dan melakukan konvoi di jalan. Tunggu sampai ada putusan resmi KPU,” ucap Adam.

    Baca juga:  Disokong 35 Bacaleg, NasDem Ingin Kunci Kursi Ketua DPR PBD

    Meskipun menang sesuai putusan KPU, menurut Adam konvoi serta pesta kemenangan pun sebaiknya tidak dilakukan. Hal itu dinilai dapat menciptakan kerumunan dan menjadi media penularan COVID-19.

    “Banyak pihak yang memantau pelaksanaan Pilkada. Sama-sama kita jaga agar pesta demokrasi ini tidak menjadi klaster baru dalam penularan COVID-19,” katanya lagi.

    Kabid Humas juga menyarankan para kandidat menempuh proses hukum yang diatur undang-undang jika menemukan pelanggaran pada Pilkada ini. Situasi Kamtibmas harus dijaga agar tetap kondusif.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Serahkan Materi Ranperda APBD-P 2022 Pekan Depan

    Bawaslu merillis ada 32 TPS di Papua Barat yang berpotensi dilakukan pemungutan suara ulang serta tiga TPS untuk penghitungan suara ulang.

    Menyikapi temuan tersebut Polda Papua Barat masih memantau perkembangan dan berkoordinasi dengan seluruh penyelenggara Pilkada. Penebalan pasukan siap dilakukan untuk mencegah gangguan keamanan. (LPB1/red)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    Stunting Papua Barat Masih di Angka 24%, Jacob Fonataba: Kita Terus Intervensi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba mengatakan, prevalensi stunting Papua Barat masih...

    Pimpin Apel, Jacob Fonataba Bicara Displin ASN hingga Hasil Audit BPK

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba memimpin apel gabungan di Kantor Gubernur,...

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...