25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    MRPB : Pimpinan DPRP dan DPRD Harus Orang Asli Papua

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menegaskan kembali pentingnya representasi penuh bagi Orang Asli Papua (OAP) dalam struktur kepemimpinan politik di Papua Barat.

    Wakil Ketua MRPB, Maxsi Nelson Ahoren menekankan perlunya penghargaan terhadap hak dan aspirasi OAP dalam politik daerah.

    “OAP telah membuktikan keramahan dan keterbukaannya terhadap siapapun yang datang dan bermukim di tanah Papua. Namun, keramahan dan toleransi ini tidak boleh disalahartikan sebagai tanda lemahnya semangat untuk memperjuangkan hak-hak mereka sendiri, termasuk hak untuk memimpin,”ujarnya Rabu (3/7/2024).

    Baca juga:  Forkoda PP DOB Minta Calon Kepala Daerah di Tanah Papua Wajib Tes DNA

    Dikatakannya, MRP mengingatkan bagi partai politik, bahwa setiap anak-anak Papua yang ada di dalamnya, contohnya Partai Golkar, PDIP, dan lainnya, jika ada anak-anak Papua disitu, kami berharap dan harus mengusulkan anak-anak negeri itu untuk menjadi tuan di negerinya sendiri.

    Maxsi menekankan bahwa prioritas utama bagi pimpinan partai politik, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun pusat, adalah mengusulkan dan menempatkan OAP sebagai pemimpin di DPR Provinsi maupun Kabupaten. Ia bahkan meminta hal ini dilakukan meskipun pencapaian suara OAP tidak berada di posisi tertinggi dibandingkan dengan calon non-OAP.

    Baca juga:  Plt Ketua Golkar Papua Barat : Musda Masih Menunggu Arahan DPP

    “Apalagi ada anak-anak asli disitu, contohnya di Teluk Wondama, tidak ada kompromi. Sudah cukup saudara-saudari kita non OAP duduk dan menjabat Anggota DPR-DPRD,” pesan Maxsi.

    Pernyataan ini menunjukkan komitmen MRPB untuk memastikan bahwa suara dan aspirasi OAP didengar dan diimplementasikan dalam proses politik. MRPB menuntut agar OAP tidak hanya menjadi peserta politik pasif, tetapi juga menjadi aktor utama dalam menentukan masa depan Papua Barat.

    Baca juga:  Dewan Adat Papua: Jangan Pilih Pemimpin Pelanggar HAM dan Pelaku Politik Identitas

    Disampaikannya, MRPB menjadi motor penggerak bagi OAP untuk terus berpartisipasi dan berjuang dalam politik, dengan tujuan untuk membangun Papua Barat yang lebih adil dan bermartabat bagi seluruh rakyatnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...