25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Hari Lingkungan Hidup, SKK Migas Gandeng Pemkab Sorong Tanam Pohon

    Published on

    SORONG, Linkpapua.com — Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2020, SKK Migas-KKKS Petrogas (Basin) Ltd., dan Petrogas (Island) Ltd., melakukan penanaman pohon mangrove, Jumat (03/05/2022). Penanam di kawasan KKKS Petrogas (Basin) yang berlokasi di Sumur North Klalin , distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, itu berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong,.

    Sebanyak 1.000 bibit tanaman produktif diserahkan oleh R&C Field Manager KKKS Petrogas (Basin), Marcus Rumaropen bersama FOM KKKS Petrogas (Island) Ltd. Mustaman. Masing 200 bibit pohon rambutan, 150 bibit pohon matoa, 150 bibit pohon trambesi, 300 bibit pohon pinang, dan 200 bibit pohon ketapang.

    Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Sorong. Turut hadir Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua & Maluku, Subagyo,. Kapolres Sorong AKBP Iwan P Manurung, Paban Sintel Pasmar 3 Mayor Marinir Suprapto, Danyonzipur 20/Pawbili Pelle Alang Sorong, Mayor Czi Donny Pramudya Mahardi, R&C Field Manager KKKS Petrogas (Basin),  Marcus Rumaropen, FOM KKKS Petrogas (Island) Ltd., Mustaman, Plt. Kepala Balai Besar KSDA Papua Bara,  Budi Mulyanto, Perwakilan PT Petrosea, Sumarno.

    Baca juga:  Proyek Tangguh Train 3 Masuki Fase Penyelesaian, Demobilisasi Pekerja Segera Dilakukan

    Kemudian perwakilan PT Kilang Pertamina RU VII Kasim, perwakilan PT Hendrison Inti Persada, Kepala Distrik Aimas, Mahasiswa Perguruan Tinggi Unimuda Sorong, LSM Papua Forest dan jurnalis.

    Dalam laporannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong, Agustinus Assem menyampaikan bibit tanaman produktif disalurkan kepada kepala Distrik Aimas, Distrik Seget dan Distrik Jeflio, untuk ditanam.

    Selain itu Pemerintah Kabupaten Sorong juga akan memberikan piagam penghargaan kepada lima perusahaan yang telah membantu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, pada puncak acara HUT Kabupaten Sorong.

    Baca juga:  Sidang Praperadilan Kasus Dana TPP Disnakertrans PB Ditunda, PH Tersangka Sesalkan Kajati

    Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku, Subagyo menyampaikan SKK Migas dalam perencanaan strategis Indonesia Oil and Gas (IOG) 4.0 telah menjadikan lingkungan sebagai salah satu tujuan dalam memperhatikan lingkungan. Dengan menerapkan konsep triple bottom line, yaitu people, planet dan profit.

    SKK Migas juga tetap konsisten menjaga kinerja industri hulu migas nasional dalam peningkatan produksi migas untuk mencapai target 1 (satu) juta barel minyak per hari dan 12 (dua belas) miliar standar kaki kubik gas per hari di tahun 2030.

    ‘’Kegiatan penanaman pohon merupakan komitmen industri hulu migas di tahun 2022 untuk terus melakukan langkah nyata penghijauan dalam mendukung keberlanjutan lingkungan serta upaya pemulihan lingkungan di sekitar wilayah operasi KKKS’”, kata Subagyo.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Dorong Sekolah Swasta Setara dengan Negeri

    Ia berharap kegiatan penanaman pohon dilakukan secara membudaya agar dapat bermanfaat dan menjadi warisan bagi anak cucu di masa depan.

    Sementara itu, Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada SKK Migas-KKKS Kluster Sorong serta seluruh stakeholder atas kerjasama mendukung program Pemerintah Kabupaten Sorong dalam penanaman pohon ini. Menurutnya kegiatan ini akan meninggalkan nilai positif bagi masa depan anak cucu dan lingkungan.

    “Saya berharap semua stakeholder dan elemen masyarakat bersama mahasiswa, dan LSM agar saling mengontrol, mengawasi dan mendukung program pemerintah daerah demi kemajuan terutama lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Sorong,” tutup Harjono. (rls/red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...