25.8 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Gelaran Women20, Bupati Manokwari Dukung BI Perluas Layanan Transaksi Nontunai

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, hadir dan tampil membawakan sambutan dalam gelaran Women20 atau W20 yang berlangsung di Hotel SwissBell, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (9/6/2022).

    Pada kesempatannya, Hermus menyampaikan tentang capaian Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan launching ATM sebagai kanal pembayaran pajak dan retribusi di Papua Barat, khususnya di Manokwari.

    Ia juga menyampaikan apresiasi atas nama pemerintah daerah dan masyarakat kepada pemerintah, Bank Indonesia (BI), dan juga panitia nasional W20 yang telah memilih Manokwari sebagai tuan rumah pelaksanaan.

    Baca juga:  Akhir Ramadan, Satlantas Gencarkan Operasi Balapan Liar di Manokwari

    Terkait pelaksanaan W20, Hermus menyebut sudah sangat tepat dilaksanakan di Papua Barat, khususnya Manokwari. Sebab, wanita perdesaan merupakan salah satu penyumbang tenaga kerja di sektor pertanian.

    “Hal ini membuktikan kepada kita semua bahwa Manokwari, Papua Barat, telah menjadi bagian integral dari NKRI dan telah menjadi bagian dari dunia internasional. Manokwari sudah seharusnya membuka diri dan mau beradaptasi dengan seluruh perkembangan zaman,” kata Hermus.

    Baca juga:  Turnamen Panahan Tradisional Kodim 1806/TB Berakhir, Ini Daftar Juaranya

    Apresiasi juga diberikan kepada Bank Papua yang telah menyiapkan kanal transaksi pendapatan daerah melalui ATM untuk pembayaran pajak dan retribusi di Manokwari yang pada kesempatan ini diresmikan bersama-sama.

    Sejalan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari senantiasa mendorong digitalisasi di daerah. Salah satunya diwujudkan dengan pembentukan TP2DD dan implementasi pembayaran pajak dan retribusi secara digital.

    Baca juga:  Hari Anak Nasional, Bupati Manokwari Minta Partisipasi Masyarakat Lindungi Anak dari Kekerasan

    Ini merupakan upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah, dari yang sebelumnya menggunakan tunai beralih ke nontunai berbasis digital. Pada muaranya diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

    Hermus pun mendukung upaya Bank Indonesia untuk memperluas layanan transaksi nontunai penggunaan ATM di wilayahnya. Selain itu, ia berharap masyarakat dan seluruh elemen masyarakat lainnya dapat mengimplementasikan digitalisasi sistem pembayaran melalui kanal nontunai untuk proses pembayaran. (LP8/red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...