25.9 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Elektabilitas Pilpres 2024: Ganjar, Prabowo, dan Anies Bersaing Ketat

    Published on

    JAKARTA, LinkPapua.com – Lembaga survei Utting Research yang berbasis di Australia merillis hasil jajak pendapat terbaru mengenai popularitas tokoh-tokoh jelang Pilpres Indonesia 2024.

    Menurut survei yang dilakukan pada 12-17 Juni 2023, Ganjar Pranowo menempati peringkat pertama dalam elektabilitasnya, mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

    Managing Director Utting Research John Utting, John Utting, menyatakan ketiga calon presiden memiliki perolehan suara yang hampir sama.

    Baca juga:  Peringati HKG PKK, Dasawisma Manokwari Pamerkan Produk Unggulan

    Hasil survei menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 34 persen, sementara Prabowo Subianto mendapatkan 33 persen, dan Anies Baswedan sebesar 27 persen.

    Selain itu, tiga persen responden menyatakan masih merahasiakan atau belum memutuskan pilihan, sementara tiga persen lainnya tidak memberikan jawaban.

    Dengan selisih yang tipis antara ketiga kandidat ini, persaingan tetap terbuka untuk mengalami perubahan preferensi pemilih menjelang pemilihan nanti.

    “Pilpres 2024 Indonesia sangat menarik. Hingga delapan bulan menjelang hari-H, pemenangnya masih sangat tidak jelas. Tiga kontestan terkuat masih sangat berimbang elektabilitasnya,” ujar John dalam siaran persnya dikutip, Sabtu (29/7/2023).

    Baca juga:  Kodam Kasuari Ingatkan Seluruh Prajurit Junjung Tinggi Netralitas TNI di Pemilu

    Terkait pertanyaan mengenai visi-misi calon presiden yang diinginkan oleh publik, mayoritas responden menginginkan keberlanjutan program yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dengan beberapa perbaikan.

    “Responden yang menginginkan visi misi melanjutkan sebagian kebijakan pemerintahan Jokowi dan memperbaiki sebagian lainnya mencapai 61 persen,” ungkapnya. Sementara itu, 20 persen responden menginginkan pemerintahan baru dengan kebijakan yang berbeda.

    Baca juga:  Sekjen SKI Sebut NasDem Jalankan Amanat Konstitusi Pilih Anies sebagai Bacapres

    Survei Utting Research dilakukan secara tatap muka pada 12-17 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

    Metode multistage random sampling digunakan dalam survei ini, dengan margin of error sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Pondok Pesantren Darussalam SP...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...

    Kembali Menang di Papua Barat, Golkar Bangga Dengan Kepemimpinan PW  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sebagai pemenang Pileg 2024 di Papua Barat, DPD Partai Golongan Karya (Golkar)...