28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    DPR Papua Barat Bulat Terima LKPJ Gubernur, Telurkan 7 Rekomendasi

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Fraksi-fraksi di DPR Papua Barat akhirnya menerima dengan bulat Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Papua Barat untuk tahun anggaran 2021. Keputusan DPR diikuti dengan dikeluarkannya tujuh poin rekomendasi.

    Persetujuan atas LKPJ Gubernur diambil dalam rapat paripurna yang berlangsung, Kamis (28/4/2022). Seluruh fraksi turut memberi catatan.

    Tujuh rekomendasi DPR dibacakan Ketua Panja LKPj Gubernur Papua Barat tahun anggaran 2021 Dominggus Urbon. Dalam rekomendasi itu tertuang beberapa hal. Termasuk koreksi terhadap pembangunan infrastruktur, perekonomian hingga perbaikan taraf hidup masyarakat.

    “Catatan ini demi meningkatkan tata kelola pemerintahan di Papua Barat. Maka gabungan fraksi-fraksi dapat menyetujui LKPj Gubernur Papua Barat tahun 2021,” tuturnya.

    Baca juga:  Instruksi Bupati Manokwari: THM Tutup, Hotel-Restoran Dilarang Jual Miras

    7 rekomendasi yang dikeluarkan di antaranya pertama, yakni pemerintah perlu mengupayakan peningkatan industri pariwisata dan infrastruktur untuk membuka peluang destinasi yang memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal.

    Kedua, pembiayaan infrastruktur dalam rangka konektivitas antarwilayah dan antarmoda harus diikuti dengan memberikan pertumbuhan yang signifikan dan berkelanjutan yang tertunjang penguatan ekonomi yang berbasis SDA dan potensi daerah. Ketiga, berkaitan dengan penanganan Covid-19.

    “DPR Papua Barat menegaskan bahwa melalui tim kerja satgas covid-19 harus lebih transparan soal penggunaan anggaran, target kerja dan target hasil sasaran,” terang Urbon.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Nilai Belanja Tak Terduga Rp60 Miliar Masih Wajar

    Keempat, DPR Papua Barat minta penyelesaian lahan hak masyarakat.

    “Pemerintah perlu memperhatikan penyelesaian pembayaran hak-hak masyarakat adat atas penggunaan lahan yang akan dipergunakan untuk kantor DPR Papua Barat, kantor-kantor pemerintahan serta aset lainnya,” paparnya.

    Kelima, DPR Papua Barat menyoroti penyediaan anggaran untuk tambahan unsur pimpinan DPR Papua Barat dari unsur pengangkatan. Keenam, DPR Papua Barat menyoroti soal penyelesaian tapal batas antara Papua Barat dan Maluku Utara yang belum tuntas.

    Sementara rekomendasi ketujuh, DPR Papua Barat menyoroti pemekaran DOB Papua Barat Daya. Pemekaran provinsi Papua Barat Daya harus tetap dilaksanakan untuk mewujudkan percepatan pembangunan.

    Baca juga:  Ketua DPR Papua Barat Dorong Anggotanya Segera Laporkan Harta Kekayaan

    Sementara, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan sejumlah catatan dari DPR Papua Barat pastinya sudah melalui kajian dan merupakan kontribusi untuk peningkatan kapasitas perencanaan dan penganggaran APBD.

    “Rekomendasi tersebut mencerminkan perhatian yang tinggi terhadap kinerja kami baik kaitan dengan keberhasilan maupun kekurangan,” ujar gubernur.

    Menurut dia, apabila ada keberhasilan maka kata dia hal tersebut merupakan keberhasilan bersama. Namun jika ada kekurangan maka akan menjadi catatan dalam penyelenggaraan pemerintah.(LP9/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani...

    Cegah Banjir, Kodim 1806/TB Bersihkan Parit di Kampung Banjar Ausoy

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Komandan Kodim 1806/TB, Letkol Inf Teguh Eko Efendi memimpin pembersihan parit sepanjang...

    Hilang Saat Berburu, Yahya di Temukan Meninggal di Hutan Anggori

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sempat dinyatakan hilang saat berburu, seorang warga bernama Yahya ditemukan meninggal dunia...