25.9 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Dinsos PPKB Mansel Gelar Pendataan Penyandang Disabilitas dan Usia Lanjut

    Published on

    MANSEL, LinkPapua.com – Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) menggelar pendataan penyandang disabilitas dan usia lanjut di wilayahnya.

    Kepala Dinsos PPKB Mansel, Agus Saiba, menjelaskan pendataan ini merupakan bagian dari program satu data dan kesejahteraan sosial bagi para penyandang disabilitas dan lansia di Mansel.

    Agar proses pendataan berjalan lancar, masyarakat atau keluarga yang memiliki anggota penyandang disabilitas, diminta untuk menyiapkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Dokumen-dokumen ini akan diperlukan petugas yang akan melakukan pendataan.

    Baca juga:  Plt Sekda Mansel Geram ASN Malas Apel: Tunggu Saya Kembalikan ke Habitatnya

    “Staf sudah kita turunkan sejak Sabtu kemarin di masing-masing distrik. Kita rencanakan mereka akan melakukan pendataan selama seminggu di lapangan di 6 distrik di 57 kampung,” kata Agus saat ditemui di ruangannya, Senin (3/7/2023).

    Agus menjelaskan hingga saat ini belum ada data yang lengkap mengenai penyandang disabilitas dan lansia di Mansel. Oleh karena itu, pendataan ini menjadi langkah penting yang harus dilakukan.

    Baca juga:  Siap Jadi Tuan Rumah Pra-PON Sepak Bola, Asprov PSSI Papua Barat Siapkan Dua Stadion

    Hasil pendataan lapangan ini nantinya akan menjadi arsip bagi Dinsos PPKB Mansel dan akan dikoordinasikan dengan pimpinan sebelum dianggarkan untuk perubahan.

    Saat ini, data yang sudah ada di Dinsos PPKB Mansel hanya Program Keluarga Harapan (PKH) dan Data Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (DTKSK). Namun, data mengenai penyandang disabilitas dan usia lanjut baru akan diolah setelah pendataan selesai. Data-data ini akan diserahkan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) setelah semuanya selesai.

    Baca juga:  14 Peserta Lulus Ujian Kompetensi Pengadaan Barang/Jasa Pemkab Mansel-LPP Gurindam

    Dengan dilakukannya pendataan ini, diharapkan pemerintah dapat lebih memahami kondisi dan kebutuhan masyarakat penyandang disabilitas serta usia lanjut di Mansel. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan mengoptimalkan program-program sosial yang ada. (LP11/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Pondok Pesantren Darussalam SP...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...

    Kembali Menang di Papua Barat, Golkar Bangga Dengan Kepemimpinan PW  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sebagai pemenang Pileg 2024 di Papua Barat, DPD Partai Golongan Karya (Golkar)...