25.5 C
Manokwari
Sabtu, Juni 15, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Dinkes Papua Barat Ajak Orang Tua Proaktif Bawa Anak Imunisasi Polio

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Sejak akhir tahun 2022 hingga saat ini, Kejadian Luar Biasa (KLB) polio tipe-2 telah dilaporkan dari Provinsi Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pada tahun 2024, kekhawatiran bertambah dengan ditemukannya 3 kasus polio dengan kelumpuhan di Tanah Papua. Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Polio mudah dicegah dengan memberikan Imunisasi tetes polio dengan lengkap.

    Pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Papua Barat akan melaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio sebanyak 4 (empat) putaran pada bulan Mei, Juni, Agustus, dan September 2024, yang akan dimulai 27 Mei 2024. Sasaran PIN Polio di Provinsi Papua Barat sebanyak 85.718 anak usia 0-7 tahun.

    “Papua Barat menargetkan cakupan PIN Polio kali ini mencapai minimal 95%. Hal ini penting untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) yang dapat melindungi seluruh masyarakat dari penyakit polio. Tujuan PIN Polio ini adalah untuk melindungi anak-anak dari ancaman virus polio dan memutus rantai penularan KLB polio di Tanah Papua. Upaya ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014 dan Undang-Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat dr Feny Mayana Paisey melalui releasenya Minggu (26/5/2024).

    Baca juga:  Polisi Ringkus 3 Pelaku Pembobol Kantor KPU Papua Barat, 1 Mantan Napi

    Dikatakannya, sesuai Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014 menyatakan bahwa setiap anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual, dan sosial. Lebih lanjut, Undang-Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023, pasal 44 ayat (1) menyatakan bahwa “Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bertanggung jawab untuk memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak.” Ayat (2) menegaskan bahwa “Setiap bayi dan anak berhak memperoleh imunisasi untuk memberikan pelindungan dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.”

    Baca juga:  Jadi Syarat Pelaku Perjalanan, Capaian Vaksinasi Booster Papua Barat Baru 13,1 Persen

    “Imunisasi polio memiliki banyak manfaat, antara lain melindungi anak dari penyakit polio, mencegah kelumpuhan permanen dan kematian akibat polio, memutus mata rantai penularan virus polio, menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) yang akan melindungi seluruh masyarakat,”jelasnya.

    Pemerintah Provinsi Papua Barat mengimbau kepada seluruh orang tua dan masyarakat untuk membawa anak-anak usia 0-7 tahun ke pos-pos imunisasi terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio pada PIN Polio ini. Setiap anak usia 0-7 tahun akan mendapatkan 4 kali tetes polio dengan jadwal sebagai

    berikut :

    1. Putaran I: 27 Mei-8 Juni 2024

    Baca juga:  Ketum PWI Apresiasi Kerja Keras Semua Pihak Sukseskan HPN 2022

    2. Putaran II : 24 Juni-6 Juli 2024

    3. Putaran III :1-11 Agustus 2024

    4. Putaran IV: 9-22 September 2024.

    “Orang tua dan masyarakat diminta untuk membawa anak dengan mendatangi pos pelayanan Imunisasi yaitu Posyandu, PAUD, Taman Kanak-Kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah dan pos-pos Imunisasi lainnya,”tambah dia.

    Imunisasi Polio menjadi cara terbaik untuk melindungi anak-anak dari penyakit polio. Vaksin polio aman dan efektif dalam mencegah virus polio menginfeksi anak. Jangan biarkan Polio melumpuhkan masa depan anak Anda. Segera bawa anak Anda untuk mendapatkan imunisasi polio. Setiap anak terimunisasi polio untuk Papua Barat bebas polio. Pencanangan PIN Polio akan dilaksanakan Senin 27 Mei di TK Cendrawasih Sowi.(LP3/Red)

    Latest articles

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat periode 2024-2029. Penetapan dilakukan...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    More like this

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan...

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis...

    Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Biro Kesra Pemprov Papua Barat bersama otoritas terkait tengah merancang sebuah...