26.9 C
Manokwari
Kamis, Mei 30, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Cuaca Ekstrem Berlanjut, Markus Waran Ingatkan Potensi Banjir-Longsor

    Published on

    MANSEL,Linkpapua.com– Cuaca ekstrem diprediksi masih akan menyelimuti wilayah Manokwari Selatan dalam beberapa pekan ke depan. Pemerintah daerah mengingatkan warga agar mewaspadai potensi banjir dan longsor.

    “Saya mengajak kepada seluruh forkopimda di lingkungan Pemkab Manokwari Selatan untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang tinggal dekat bantaran sungai dan pegunungan untuk waspada terhadap potensi banjir serta longsor. Mengingat cuaca ekstrem yang terjadi belakangan,” ujar
    Bupati Mansel Markus Waran, Selasa (9/4/2024)

    Baca juga:  Plt Sekda Papua Barat: APBD 2024 Ditetapkan 25 November

    Waran juga menyampaikan bahwa baru saja wilayah Manokwari Selatan diguncang gempa. Meski tak berpotensi tsunami, fenomena ini patut diwaspadai.

    “Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat beberapa jam lalu terjadi gempa bumi 6.1 skala rikter (SR) arah laut Manokwari Selatan. Dari hasil koordinasi kami dengan BMKG wilayah Jayapura yang berada di Ransiki bahwa tidak ada gempa susulan. Tetapi kita tetap harus waspada,” pintanya.

    Baca juga:  Pengelola Tambang Gajian C Diminta Terlibat dalam Normalisasi Kali Mati

    Dijelaskan Markus, dalam beberapa hari curah hujan di Mansel cukup tinggi. Cuaca ekstrem ini masih berpotensi berkepanjangan.

    “Oleh sebab itu, selaku kepala wilayah pemerintahan saya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya yang tinggal di gunung-gunung hati-hati jangan sampai curah hujan tinggi dan terjadi longsor. Serta masyarakat yang berada di bantaran sungai waspada jangan tidur terlalu lelap karena curah hujan tinggi bisa terjadi banjir akibat curah hujan. Begitupun dengan masyarakat di pesisir pantai dan lembah-lembah,” paparnya.

    Baca juga:  Bupati Markus Waran Wanti-wanti ASN dan Kepala Kampung Jaga Netralitas

    Waran juga mengingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar mengambil langkah langkah antisipasi dini. Langkah mitigasi diperlukan untuk meminimalisir risiko.  (LP11/red)

    Latest articles

    Ibu-ibu Pengajian di Mansel Dukung Frengki Mandacan Maju Pilkada 2024

    0
    MANSEL, LinkPapua.com - Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengajian di salah satu masjid di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, menyatakan dukungannya kepada bakal...

    More like this

    Ibu-ibu Pengajian di Mansel Dukung Frengki Mandacan Maju Pilkada 2024

    MANSEL, LinkPapua.com - Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengajian di salah satu masjid di...

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...