25.8 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari Minta Semua Kampung Miliki Kebun, Ketahanan Pangan-Kendalikan Inflasi

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, meminta seluruh kampung di wilayah Manokwari memiliki kebun. Selain untuk ketahanan pangan juga sebagai upaya mengendalikan inflasi.

    Hermus menyampaikan itu saat pencanangan program gerakan penanaman tanaman pangan pendamping beras di Kampung Weluri, Distrik Manokwari Selatan, Kamis (27/10/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian bulan bakti gotong royong hari ulang tahun (HUT) ke-124 Kota Manokwari.

    Baca juga:  64 Kendaraan Terjaring Razia BPTD-Polres Manokwari

    “164 kampung ini bisa tanam sehingga bisa menjaga inflasi di daerah. Lahan sesuai dengan unggulan di kampung tersebut. Minimal satu kampung memiliki satu hektare kebun sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan di Manokwari, ” kata Hermus.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Lantik 13 Kepala Kampung dan 365 Anggota Bamuskam

    Hermus mengatakan, fokus pemerintah saat ini adalah padi sawah dan ladang. Hal ini yang tengah dikembangkan di 2.000 hektare lahan produktif di dataran Wapramasi.

    Selain itu, pemerintah juga mengembangkan pangan lokal pendamping beras, yakni, keladi, kasbi, betatas, dan jagung. Selain itu, juga berfokus pada komoditas yang berdampak pada inflasi daerah, seperti cabai, tomat, dan bawang.

    Baca juga:  Trabas Bersama Dominggus Mandacan Lewati Rute Ekstrem 20 Kilometer

    “Kita harap bisa ada keseimbangan antara beras dengan komoditas lokal juga dikonsumsi sehingga ketergantungan kita terhadap beras bisa berkurang,” ucapnya.

    Hermus berharap seluruh kampung di Manokwari bisa membuka lahan perkebunan sehingga ke depan ketahanan pangan makin kuat. (LP9/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...