28.7 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    Warga Argosigemerai Sp5 Bintuni Protes, Orang Sudah Meninggal Masih Terdaftar

    Published on

    TELUK BINTUNI, linkpapua.com- Sejumlah warga Kampung Argosigemerai Sp5 Teluk Bintuni melaporkan tidak menerima surat undangan pemilih pada Pemilu 14 Februari besok. Tak hanya itu, sejumlah warga yang telah meninggal dunia dan berpindah tempat tinggal masih terdaftar dalam DPT di beberapa TPS.

    Salah satu warga Kampung Argosigemerai Sp5, Warsini mengungkapkan, sampai pagi ini ia belum mendapatkan surat undangan untuk memilih di TPS. Ada 13 TPS yang disiapkan di Kampung Argosigemerai Sp5.

    “Saya sempat mengecek di DPT online nama saya muncul di TPS-5 Kampung Argosigemerai. Selanjutnya saya mengonfirmasi kepada KPPS yang bertugas di TPS, Petugas KPPS menyampaikan bahwa surat undangan kami kurang. Kami sudah melaporkan kepada ketua PPS,” tutur Warsini, Selasa (13/2/2024).

    Warsini mempertanyakan kurangnya surat undangan. Menurutnya, jumlah DPT sudah diverifikasi dari awal. Menjadi tanda tanya kata dia, karena tiba tiba surat undangan diklaim oleh KPPS kurang.

    Baca juga:  Turnamen Bola Voli HUT TNI Dandim 1806/TB Cup I Dimulai

    “Bukan hanya saya, masih banyak warga yang tidak mendapatkan surat undangan seperti saya. Herannya nama orang yang meninggal bahkan pindah pun masih muncul. Tetapi saat penghitungan surat suara, surat suaranya sama dengan jumlah DPT di TPS tersebut. Semoga tahun ini tidak terjadi,” ungkap Warsini.

    Warsini berharap kepolisian dan Gakkumdu menyelidiki soal kekurangan surat suara ini.

    “Kita minta ditindak tegas oknum-oknum yang menyalahgunakan surat undangan atau nama orang meninggal dan pindah masih digunakan,” harapnya.

    Salah satu anggota KPPS Kampung Argosimerai SP5 yang enggan disebutkan namanya menjelaskan terkait surat undangan yang kurang pihaknya sudah melaporkan kepada ketua PPS. Menurut dia, ketua PPS menyarankan agar warga yang tidak menerima surat undangan dapat mencoblos dengan menggunakan KTP.

    Baca juga:  Usai Dikukuhkan, Ikaswara Manokwari Lahirkan Sejumlah Program Prioritas

    Sebelumnya Kapolres Teluk Bintuni AKBP Choiruddin Wachid, mengambil langkah preventif untuk mencegah potensi chaos di Pemilu 2024. Choiruddin mengingatkan, Gakkumdu akan bertindak tegas terhadap segala potensi kecurangan.

    Choiruddin menekankan perlunya menjaga tali persaudaraan di antara sesama anak bangsa. Menurutnya, perbedaan pilihan politik tidak harus melahirkan perpecahan.

    Lalu Choiruddin menegaskan kesiapannya bersama Gakkumdu untuk menindak tegas oknum yang berupaya menciptakan kegaduhan. Kata dia, Gakkumdu akan bertindak jika menemukan potensi kecurangan di TPS menjelang Pemilu.

    Salah satunya, jual beli surat undangan surat suara antara KPPS dan caleg. Pihaknya kata Choiruddin, akan memberi atensi pada kemungkinan itu. la juga mengingatkan masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial. Kata Choiruddin, setiap tindakan memiliki konsekuensi sesuai hukum yang berlaku.

    Baca juga:  Bawaslu Papua Barat Siap Kawal Pemilu 2024

    Data Soal Surat Undangan di Kampung Argosigemerai Sp5:

    – TPS-1 surat Undangan lengkap,
    – TPS-2 surat undangan lengkap
    – TPS- 3 Surat undangan kurang 30,
    – TPS-4 surat undangan kurang 4,
    – TPS-5 surat undangan kurang 25
    – TPS-6 surat undangan kurang 10
    – TPS-7 surat undangan lengkap
    – TPS-8 Surat Undangan kurang 15
    – TPS-9 Surat undangan lengkap
    – TPS- 10 surat undangan lengkap
    – TPS-11 Surat undangan lengkap
    – TPS-12 surat undangan kurang 21
    – TPS-13 surat undangan lebih 1.

    (Red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...