oleh

Usai Rapat dengan Jokowi, Dominggus Sampaikan 3 Poin ini

MANOKWARI, Linkpapua.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menghadiri rapat koordinasi forum pimpinan daerah secara virtual bersama Presiden Joko Widodo, Senin (17/5/2021). Dalam kesempatan itu Kepala Negara menyampaikan tiga poin penting.

Dominggus menjelaskan, Presiden Jokowi menekankan tiga poin yang harus menjadi perhatian kepala daerah. Pertama, antisipasi mudik pasca libur Lebaran. Kedua, penanganan Covid-19 dan ketiga pemulihan perekonomian.

“Berapapun banyaknya orang yang masuk (Papua Barat), perlu untuk dilakukan tes swab antigen. Itu salah satu bentuk antisipasinya,” kata Dominggus kepada sejumlah wartawan usai mengikuti rapat virtual di salah satu hotel berbintang di Manokwari, Papua Barat.

Dominggus melanjutkan, dalam rapat itu Jokowi juga menekankan pentingnya penanganan Covid-19. Sebab, penanganan yang baik akan menghasilkan angka kesembuhan yang tinggi pula.

Sejauh ini, kata Dominggus, tingkat kesembuhan Papua Barat memang cukup baik. Dimana angka kesembuhan secara akumulasi mencapai 8.820 orang atau 96.3 persen dari total kasus positif Covid-19.

“Presiden sudah paparkan, bahwa terdapat 15 dari 34 provinsi yang dianggap rawan Covid-19. Papua Barat bukan salah satunya. Kita aman. Itu karena penanganan Covid-19 kita cukup baik,” kata Dominggus.

Sedangkan, mengenai pemulihan perekonomian, lanjut Dominggus, Presiden memberikan arahan untuk menjaga momentum saat ini dan bagaimana dapat terus bergerak maju, walau perlahan.

Saat ini, pertumbuhan perekonomian Papua Barat memang terbilang cukup baik bila dibandingkan dengan 24 provinsi lainnya. Dimana pada kuartal 1/2021, ekonomi Papua Barat tumbuh di angka 1,47 persen dan masuk urutan 10 besar dari 34 provinsi.

“Itu termasuk Papua dan Papua Barat. Pandemi memang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, tetapi kita berada pada urutan 10 besar yang ekonominya cukup baik. Kita tentunya akan pertahankan itu, dengan menjadi semakin baik kedepanya,” ujar Dominggus.

Sebagai informasi, rapat secara virtual itu dihadiri oleh Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Tornagogo Sihombing, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat Wilhelmus Lingitubun, dan Ketua Fraksi Otonomi Khusus (Otsus) DPR Papua Barat George Dedaida.(LP7/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini