28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    SKK Migas-KKKS Pamalu Resmikan 4 Usaha ‘Dewi Bakul’ di Kampung Arar

    Published on

    SORONG, linkpapua.com – SKK Migas dan para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) wilayah Papua Barat meresmikan berdirinya unit usaha pariwisata ‘Dewi Bakul’ di Pulau Arar, Kabupaten Sorong, Sabtu (26/11/2021). Peluncuran program ini menandai dimulainya kemandirian ekonomi masyarakat di sektor pariwisata.

    “SKK Migas – KKKS melakukan kegiatan PPM sebagai bagian dari tanggung jawab sosial. Agar manfaat hadirnya kegiatan industri hulu migas di daerah dapat dinikmati masyarakat di sekitar daerah operasional,” terang Kepala Departemen Humas Perwakilan SKK Migas Pamalu, Galih Agusetiawan.

    Menurut Galih, program ini berbasis ekonomi kemasyarakatan. Lewat program Dewi Bakul akan terwujud berbagai misi.
    Di antaranya desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, peduli lingkungan, peduli Pendidikan, ramah perempuan, berjejaring, serta desa tanggap budaya.

    Baca juga:  Akbar Himawan Buchari Terpilih Sebagai Ketua Umum HIPMI 2022-2025

    “SKK Migas kembali menggerakkan unit usaha kreatif masyarakat desa dan Bumdes Arar, agar dapat memperoleh manfaat ekonomi dari hadirnya kegiatan pariwisata Desa Wisata Bahari-Kuliner (Dewi Bakul),” katanya.

    Unit usaha kreatif yang digerakkan oleh Masyarakat Pengerak Usaha (MPU), ke-4 yang dibina dari kegiatan PPM Bidang ekonomi adalah Unit Usaha Wisata Lompat Pulau (Islands Hopping @ Gulf of Sorong), yang secara kreatif menghadirkan beberapa acara pariwisata alternatif.

    Baca juga:  DAP Wondama Minta Parpol Prioritaskan Caleg OAP di Pileg 2024

    Di antaranya pariwisata bernuansa perjalanan sejarah perjuangan kemerdekaan, bersantai menikmati beberapa pantai pasir putih dengan fasilitas fleksibel yang telah disediakan, bioskop alam terbuka di bawah sinar bintang yang pemutaran filmnya dapat disaksikan di pantai maupun dari perahu perahu yang ditambatkan, dan nuansa tinggal bersama dalam tenda tenda kamping modern yang disusun menarik, lengkap dengan lokasi-lokasi untuk berswafoto pada saat senja serta adanya panggung hiburan kebersamaan.

    Galih mengatakan, pihaknya secara terus menerus memastikan dan memonitor kemajuan upaya terwujudnya Dewi Bakul oleh Bumdes Kampung Arar. Ia menyebutkan, sejak 2018 hingga 2021, telah berhasil mengimplementasi sebanyak 13 goal (dari 17 Goal) yang dituju dari agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)“.

    Baca juga:  September 2021, Kontribusi Industri Hulu Migas Lampaui Target

    “Kehadiran usaha dari seluruh unit-unit usaha kreatif pariwisata oleh masyarakat kampung Arar, yaitu: Wisata Bahari, EkoWisata, Wisata Kuliner, serta Wisata Lompat Pulau, telah dapat meningkatkan kapasitas masyarakat untuk secara mandiri menciptakan keunggulan daya saing dan daya dukung dengan pemanfaatan potensi SDA & SDM yang tersedia, jelas Galih menambahkan,” ujarnya.

    Acara peresmian ini sendiri melibatkan kemitraan sekolah SMP-SMA Lab. Unimuda Pulau Arar. Dilakukan dalam kemasan acara komunal dan dihadiri lebih dari 150 masyarakat desa. (rls/red)

    Latest articles

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis...

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, akan dipusatkan di alun-alun Argosigemerai, SP5, Distrik Bintuni....

    More like this

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis Ibu Kota

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni,...

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...