26.4 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Sepanjang 2022, Nihil Kasus Babi Mati Akibat ASF di Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mencatat kasus African Swine Fever (ASF) di Manokwari tembus pada angka 1.550 babi dan semua mati sejak awal penyebarannya. Namun, sejak Agustus 2021 sudah nihil atau tidak ada lagi kasus.

    Walaupun sudah nihil kasus, Dinas Peternakan dan Pertanian Manokwari tetap melakukan langkah antisipasi. Beberapa waktu lalu telah dikirim sejumlah sampel untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

    Baca juga:  Polres Manokwari Jadi Polresta, Hermus: Kamtibmas Mesti Makin Baik

    Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Pertanian Manokwari, Nixon Karubaba, mengatakan sejak Agustus 2021 lalu sampai saat ini tidak ada lagi babi yang mati karena ASF.

    “Minggu lalu kita sudah kirim 30 sampel darah babi dan kirim ke Makassar (Sulawesi Selatan) dan sekarang tinggal menunggu hasil. 7 April 2021 dinas bikin surat melarang lalu lintas ternak babi. Agustus lakukan pemeriksaan masih kena sampai sekarang tidak ada babi yang mati,” bebernya kepada wartawan, Kamis (7/7/2022).

    Baca juga:  Jambret HP, 3 Pemuda di Manokwari Diciduk Polisi

    Dia mengungkapkan, meski sudah dilarang, tetapi ada sejumlah oknum yang masih juga melakukan pengiriman ternak babi. Padahal, kata dia, babi yang sudah terkena virus ASF 100 persen akan mati.

    Baca juga:  Hermus Instruksikan Sweeping 'THM Nakal' Mulai Malam ini

    “Kita punya babi sangat dinantikan pasar Nabire. Hingga saat ini tidak ada pengiriman ternak babi tapi ada yang nakal,” katanya.

    Dia berharap kepada masyarakat yang akan melakukan pemotongan babi dan dipasarkan ke masyarakat bisa dilakukan di rumah potong hewan (RPH) sehingga daging yang akan dipasarkan benar-benar dari ternak yang sehat. (LP9/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...