27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Seluruh daerah Papua Barat fokus penanganan stunting

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapaubarat.com- Seluruh daerah di Provinsi Papua Barat menjadi fokus dalam progran pencegahan serta penanganan kasus stunting atau gangguan gizi kronis pada anak.

    “Kasus stunting ditemukan di seluruh daerah Papua Barat, maka semua daerah mendapat yang sama. Kami berharap daerah juga lebih progresif dalam penanganan stunting,”kata Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan, Kamis (17/12)

    Baca juga:  PMR Wira Wakili PMI Papua Barat Ikut National Youth Champions dan Forpis 2021

    Menurutnya penanganan stunting menjadi perhatian serius pemerintah. Gubernur Papua Barat pun telah mencanangkan penanganan difokuskan untuk semua daerah.

    “Dulu hanya beberapa kabupaten yang menjadi fokus, namun sejak dua tahun terakhir semua dari menjadi fokus penanganan,” sebut Otto lagi.

    Di Papua Barat, lanjut Otto, kasus stunting banyak ditemukan di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). Meskipun demikian di daerah perkotaan kasus tersebut masih ditemui.

    Baca juga:  Dihadiri Langsung Tri Tito Karnavian, TP PKK Papua Barat Gelar Asistensi Penanganan Stunting

    Faktor kemiskinan cukup dominan terhadap kasus stunting di Papua Barat. Penyebab lain dari kasus tersebut karena faktor penyakit.

    “Asupan gizi sangat berpengaruh, ini karena faktor kemiskinan. Ada juga karena faktor pengetahuan atau skill orang tua, bahan makanan tersedia tapi cara menyajikan kurang tepat,” katanya menambahkan.

    Baca juga:  Bawaslu Papua Barat: Seluruh pengawas TPS wajib rapid test

    Menurutnya intervensi gizi harus dilakukan seluruh kabupaten dan kota. Untuk Dinas Kesehatan diharapkan agar mengoptimalkan fungsi Puskesmas dalam penyuluhan gizi.

    Ia juga berharap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait saling bersinergi dalam penanganan stunting.(LPB1/red)

    Latest articles

    Operasi Patuh 2024, Polres Bintuni Fokus Cegah Gangguan dan Lakalantas

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar apel menandai dimulainya Operasi Patuh Mansinam 2024, Senin (15/7/2024). Operasi Patuh akan fokus mencegah terjadinya lakalantas dan potensi...

    More like this

    Stunting Papua Barat Masih di Angka 24%, Jacob Fonataba: Kita Terus Intervensi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba mengatakan, prevalensi stunting Papua Barat masih...

    Pimpin Apel, Jacob Fonataba Bicara Displin ASN hingga Hasil Audit BPK

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba memimpin apel gabungan di Kantor Gubernur,...

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...