oleh

Polda Papua Barat-STIH Manokwari Teken MoU Peningkatan SDM

MANOKWARI, Linkpapua.com – Kepolisian Daerah Papua Barat menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari, Senin (19/4/2021). Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait peningkatan sumber daya manusia.

Hadir Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing beserta para pejabat Polda. Hadir pula Ketua STIH Manokwari dan civitas akademika.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing mengatakan, penandatanganan MoU ini diadakan untuk meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan Polda Papua Barat. Dengan kerja sama ini, SDM polda diharapkan lebih baik dalam bidang hukum. Terutama dalam kemampuan penyelidikan.

“Saya harapkan dengan adanya penandatanganan MoU ini kita bisa membangun sinergitas antara kepolisian dan perguruan tinggi,” katanya.

Diakui Kapolda, tantangan terberat saat ini ada dua. SDM dan pemahaman hukum masyarakat.

Ia menekankan, hukum di tanah Papua ini harus bisa mengutamakan hukum yang memang sudah ditentukan di negara ini. Bukan mengedepankan hukum adat.

“Saat ini banyak saya lihat masyarakat Papua masih mengutamakan hukum adat di sini”, ujar Sihombing.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari Papua Barat, Dr Filep Wamafma SH M Hum menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing atas kepercayaan yang diberikan kepada STIH dalam kerja sama di bidang pendidikan hukum.

“Itu artinya langkah cepat dan tepat untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di tanah Papua pada umumnya, tapi Polda Papua Barat secara khusus,” jelasnya.

Kata Filep, membangun Papua bukan saja membangun otot. Tapi lebih penting adalah membangun otak.

“Sekali lagi saya apresiasi langkah yang diambil Kapolda dan jajaran untuk melakukan MoU bidang pendidikan hukum untuk menyiapkan SDM Kepolisian untuk masa yang akan datang. Dengan demikian kami (STIH) mendukung 100 persen kerja sama ini,” ungkap Filep Wamafma saat memberikan sambutan

Diungkapkan Wamafma, STIH Manokwari sendiri memiliki sejarah khusus. Perguruan tinggi ini berdiri karena kontribusi TNI/Polri untuk tetap mendukung perkembangan STIH Manokwari hingga sekarang ini.(LP 3/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini