25.4 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.4 C
Manokwari
More

    Pj Gubernur Papua Barat Resmikan Rumah Baca untuk Atasi Anak Putus Sekolah

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat tengah gencar-gencarnya menangani permasalahan anak putus sekolah di wilayannya. Kehadiran Balai Pelatihan, Rumah Baca, dan Rumah Gizi Kasuari diharapkan membantu pemerintah daerah mengatasi hal itu.

    Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, saat meresmikan Balai Pelatihan, Rumah Baca, dan peningkatan sarana Rumah Gizi di Jalan Karya Abri, Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Rabu (16/8/2023).

    Baca juga:  Ditopang Migas, Ekonomi Papua Barat Tumbuh Positif di Triwulan I 2023

    “Ini ada relevansi dengan anak putus sekolah. Banyak anak-anak kita putus sekolah. Agar anak yang putus sekolah ini tidak bodok, nah ini Rumah Baca ini penting,” ujarnya.

    Waterpauw berharap agar Balai Pelatihan, Rumah Baca, dan Rumah Gizi tidak hanya terpaku pada satu titik lokasi. Ia memandang perlu adanya penyebaran di berbagai daerah dan perkampungan. Hal ini diharapkan mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang memiliki kecerdasan dan keterampilan unggul.

    Baca juga:  Pimpinan OPD Papua Barat Diminta Segera Susun RKA Bayangan APBD Induk 2023

    Terlebih, kata dia, Kota Manokwari akan menjadi wilayah metropolitan. Pemerintah daerah, kata dia, akan berupaya keras memastikan segala kebijakan yang dibutuhkan sudah siap diimplementasikan saat waktunya nanti.

    Mendukung berkelanjutan operasional Balai Pelatihan, Rumah Baca, dan Rumah Gizi ini, Waterpauw mengharapkan pihak pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Papua Barat ambil bagian dalam memenuhi persediaan buku dan fasilitas lainnya.

    Baca juga:  Dukung IKM, Pemprov Papua Barat Gelar Bimtek Kerajinan Anyaman di Raja Ampat

    Waterpauw menjelaskan konsep dan lokasi Balai Pelatihan, Rumah Baca, dan Rumah Gizi ini merupakan masukan dari masyarakat sekitar.

    Pada kesempatan ini, Waterpauw juga mengumumkan rencananya untuk menggelar lomba menulis cerita rakyat dari tiap kampung sebagai bagian dari perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI). (LP9/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Pondok Pesantren Darussalam SP...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...

    Kembali Menang di Papua Barat, Golkar Bangga Dengan Kepemimpinan PW  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sebagai pemenang Pileg 2024 di Papua Barat, DPD Partai Golongan Karya (Golkar)...