26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Penerbangan Pesawat Perintis Bersubsidi Teluk Bintuni-Fakfak Mulai Beroperasi

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Penerbangan perdana pesawat perintis bersubsidi rute Kabupaten Fakfak-Kabupaten Teluk Bintuni (PP) mulai beroperasi di Bandara Bintuni, Distrik Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Senin (4/9/2023).

    Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, mengatakan inisiatif ini merupakan bagian dari program subsidi angkutan udara perintis pemerintah untuk menghubungkan tiap kawasan di Papua Barat demi memperkuat konektivitas dan aksesibilitas antardaerah.

    Kasihiw menekankan bahwa salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni memastikan aksesibilitas maksimal bagi penduduk yang datang dan pergi dari daerah ini. Upaya ini mencakup transportasi darat, laut, dan udara.

    Baca juga:  Kampung Banjar Ausoy Papua Barat Jadi Calon Juara Lomdeskel 2023

    Ia pun menyambut baik atas penambahan satu rute penerbangan perintis yang menghubungkan Teluk Bintuni dengan Fakfak. “Kita bersyukur karena bertambah lagi satu rute penerbangan perintis yang melayani rute Teluk Bintuni-Fakfak,” ujar Kasihiw.

    Kasihiw menyatakan dengan adanya konektivitas dan aksesibilitas yang terjamin melalui penerbangan Teluk Bintuni-Fakfak ini, harapannya adalah rantai pasok ekonomi akan berjalan lebih efisien.

    Hal ini, kata dia, akan berdampak positif terutama pada stabilitas harga bahan pokok, percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan kapasitas ekonomi, dan secara keseluruhan, mengurangi tingkat kemiskinan di Papua Barat.

    Baca juga:  Tangguh LNG segera Wujudkan Program Percontohan Listrik Off-Grid di Bintuni-Fakfak

    “Saya atas nama pemerintah daerah serta seluruh masyarakat Teluk Bintuni mengucapkan selamat dan sukses atas penerbangan pertama dengan rute Teluk Bintuni-Fakfak. Kiranya penerbangan ini akan membawa sebesar-besarnya manfaat bagi masyarakat Teluk Bintuni maupun Fakfak,” tuturnya.

    Penerbangan perdana ini dihadiri sejumlah pejabat, termasuk Asisten II Setda Teluk Bintuni, Putu Suratna; Asisten III Setda Teluk Bintuni, Isak Loukon; Kepala Dinas Perhubungan Teluk Bintuni, Victor E. Ririnhena; Danbrigif 26/GP, Letkol Inf. Sidik Wiyono; Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Choiruddin Wachid; Kajari Teluk Bintuni, Johny A. Zebua; serta Kepala Bandara Bintuni, Danny Djoko.

    Baca juga:  174 Aparatur Kampung di Bintuni Ikuti Bimtek Edukasi Aplikasi Desain dan RAB

    Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan jalur penerbangan ini, tarif rute Teluk Bintuni-Fakfak Rp382.000 dengan menggunakan pesawat jenis Susi Air ATR 42 kapasitas 12 orang penumpang. Penerbangan dilakukan dua kali sepekan, yaitu Senin dan Kamis. (LP5/Red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung...