25.9 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Orgenes Wonggor Ajak Masyarakat Dukung Pekerjaan Ruas Jalan Kampung Amber

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com—Ruas jalan yang menghubungkan Kampung Merpioba-kampung lama Amber di Distrik Warmare, kini mulai dikerjakan. Ruas jalan sepanjang lebih dari satu kilo meter itu diharapkan bisa mendukung mobilitas masyarakat.

    “Kalau orang Mokwam bisa naik mobil, Kwau juga bisa, maka orang Amber juga harus bisa. Kita saling mendukung,” kata Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor saat menghadiri prosesi adat dan pemotongan pita sebagai pertanda dimulainya pekerjaan ruas jalan Merpioba-Amber, Rabu (21/6/2023).

    Dalam kesempatan itu, Wonggor kembali berpesan kepada masyarakat kampung supaya ikut mendukung semua proses pekerjaan yang akan dilaksanakan. Dirinya meminta, masyarkat tidak melakukan tindakan-tindakan yang justru akan menghambat pekerjaan jalan tersebut.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Apresiasi Pemprov "Gercep" Minta Bantuan Covid-19, tetapi ...

    “Saya kasih contoh, saat kita buka ruas jalan di Indabri, pada saat sudah mulai berjalan tetapi beberapa kali terjadi pemalangan. Kita sudah sibuk urus kiri-kanan untuk perjuangkan itu. Tapi kok ada yang masih palang. Kita capek kalau seperti itu, jadi saya berharap pengalaman ini tidak boleh ada di sini,” ucapnya.

    Komitmen masyarakat kampung, sebut Wonggor dapat diandalkan, dalam mendukung pekerjaan jalanan yang ada. Sebab sudah dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan yang melibatkan masyarakat kampung dan para pemilik ulayat di wilayah yang akan dilintasi ruas jalan.

    “Jadi pertemuan itu untuk menampung aspirasi supaya bisa ditindaklanjuti. Kalau ada reaksi segera muncul, kalau jalan sudah buka tidak boleh ada reaksi. Kepala kampung sudah hadir hari ini mewakili pemilik ulayat, ini kami senang,” tuturnya.

    Baca juga:  Ketua DPRPB Soroti Problem Pendidikan di Pedalaman: Pemda Minim Terobosan

    Wonggor menegaskan, penganggaran sebuah pekerjaan oleh pemerintah, itu tidak sialokasikan untuk biaya ganti rugi. Jadi masyarakat tidak boleh menuntut secara berlebihan terkait pelaksanaan proyek jalan ruas Merpioba-Amber.

    “Tidak ada uang ganti rugi, maka satu rupiah pun jangan kurang dari jalan ini. Kalau kurang maka volume pekerjaan juga akan dikurangi. Jalan ini butuh material pasir, bicara baik-baik lihat tempat yang mana bisa diambil biar tidak ada masalah,” ujarnya.

    Dalam kesempatan yang sama, anggota DPRPB Jerkius Saiba menyampaikan harapkan yang sama. Agar tidak ada hambatan dalam proses pengerjaan ruas jalan tersebut.

    Baca juga:  Tiga Draf Ranperda Inisiatif DPRD Manokwari Dibahas Bersama Eksekutif

    “Kami perjuangkan aspirasi ini dilakukan dsungguh-sungguh sehingga aspirasi bisa dijawab di beberapa tempat. Jadi diharapkan dukungan masyarakat,” katanya.

    Dalam kesempatan itu, masyarakat juga menyampaikan apirasi berkaitan dengan pekerjaan ruas jalan ini mesti sampai dengan pengaspalan. Meminta dibangunkan sarana air bersih, serta perlunya menyiagakan alat berat di di titik-titik rawan longsor terutama pada saat proses pekerjaan sedang berlangsung.

    Prosesi adat dan acara potogan ini turut dihadiri perwakilan Distrik Warmare, kepala Kampung Mokwam, kampung Amber, kampung Manukbey, dan kampung Asarbey. (LP2/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Pondok Pesantren Darussalam SP...

    More like this

    Anggaran Lambat Kucur, Sekretaris DPR PB Tetap Agendakan Kunker ke Daerah

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Sekretaris DPR Papua Barat Edward Toansiba mengaku akan fokus mengatur agenda...

    Johani Brian Makatita: Datang, Dengar dan Perjuangkan Aspirasi Masyarakat 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Anggota DPRD Manokwari dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Johani Brian.A. Makatita...

    Batas Pengesahan RAPBD 2024 Mepet, DPR PB Ngaku Terkendala Jadwal Padat Pj Gubernur

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere melakukan pertemuan singkat dengan Pimpinan...