25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Musrenbang RKPD 2024, Bupati Manokwari: Fokus Ekonomi, Pendidikan, dan Kesehatan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengungkapkan prioritas-prioritas yang akan menjadi fokus dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 di Swiss Belhotel Manokwari, Senin (4/9/2023).

    Hermus menjelaskan perencanaan pembangunan daerah adalah bagian integral dari siklus pembangunan yang mencakup penganggaran dan pelaporan.

    “Sebagaimana telah tercantum dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Manokwari tahun 2021-2026, prioritas pembangunan pada tahun 2024, yaitu pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian daerah,” katanya.

    Baca juga:  Kenang Tugu Pepera, Pangdam Kasuari: Simbol Soliditas Papua Barat

    Mencapai tujuan itu, beberapa hal menjadi prioritas, termasuk peningkatan akses pendidikan, perbaikan sistem kesehatan, pembangunan ekonomi yang melibatkan masyarakat, dan pembebasan tanah untuk proyek-proyek pembangunan yang bertujuan mengentaskan kemiskinan ekstrem dan penanggulangan stunting.

    Hermus juga mengingatkan bahwa 2024 nanti adalah tahun politik sehingga para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjaga netralitas mereka dan tidak terlibat dalam politik praktis.

    Baca juga:  Antisipasi Kebakaran, Pemkab Manokwari akan Bangun Bak Penampungan di Sejumlah Titik

    “ASN yang terbukti bermain politik praktis, apalagi sampai menyalahgunakan jabatannya, akan diambil tindakan tegas. Saya minta keseriusan para pimpinan perangkat daerah serta para ASN pengelola anggaran untuk melaksanakan agenda pembangunan daerah dengan baik,” tegasnya.

    Dalam laporan Musrenbang, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Manokwari, Oktovianus Kambu, menyampaikan pertemuan ini akan membahas rencana pembangunan jangka panjang Manokwari serta rencana pembangunan jangka menengah Manokwari 2021-2026.

    Baca juga:  Adolof Kawey Soroti Penerapan BPJS di RS: Sering Bodohi Masyarakat

    Musrenbang ini, kata dia, untuk mengoordinasikan, menyinkronkan, dan mengklarifikasi usulan program kegiatan dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan prioritas pembangunan daerah 2024.

    Hal ini akan memastikan bahwa program-program kegiatan yang disepakati sesuai dengan prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan. (LP3/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...