27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Meriah! Pawai Obor Peringatan HUT Ke-207 Kapitan Pattimura di Teluk Bintuni

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-207 mengenang jasa pahlawan Maluku, Thomas Matulessy, atau dikenal sebagai Kapitan Pattimura, di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, berlangsung meriah dengan pawai obor.

    Pawai obor dimulai dari Kantor Distrik Bintuni menuju Lapangan Gedung Serba Guna. Sepanjang perjalanan, pawai obor diiringi tarian adat Cakalele dan tari Lenso.

    Wakil Bupati (Wabup) Teluk Bintuni, Matret Kokop, mengatakan 207 tahun lalu adalah hari bersejarah yang menjadi momentum kebangkitan dan kebersamaan rakyat Maluku.

    Baca juga:  Canangkan Zona Integritas, Kapolres Teluk Bintuni: Menuju Pelayanan tanpa Korupsi

    “Hari ini, 15 Mei, merupakan hari perjuangan dan perlawanan rakyat Maluku,” ujar Matret, Rabu (15/5/2024).

    Matret mengungkapkan perjuangan Kapitan Pattimura dan rekan-rekannya melawan penjajah di Pulau Saparua. “Keberanian dan kepahlawanan rakyat Maluku dalam melawan tirani masih hidup dan termanifestasi dalam semangat para pemuda Maluku saat ini,” katanya.

    Matret juga mengajak generasi muda Maluku di Teluk Bintuni untuk meneladani semangat Kapitan Pattimura. “Marilah meneladani pahlawan Kapitan Pattimura dalam semangat yang tidak pernah padam,” serunya.

    Baca juga:  Jaga Silaturahmi, Fasharkan TNI AL Manokwari Buka Puasa Bersama Wartawan

    Dia menekankan pentingnya semangat juang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, ketidakadilan, penindasan, dan intoleransi.

    “Mari jadikan momentum peringatan ini sebagai inspirasi semangat memperjuangkan dan mempertahankan nilai persaudaraan, keadilan, dan persatuan, serta tekad Manggurebe Maju bagi Teluk Bintuni,” serunya.

    Ketua panitia, Anthon Tutkey, menyatakan peringatan ini bertujuan mengenang perjuangan Kapitan Pattimura, terutama bagi masyarakat Maluku di Teluk Bintuni.

    Baca juga:  Apresiasi Pembangunan Dermaga Aranday, Andreas Nauri: Semoga Distrik Lain Menyusul

    “Peringatan ini menitipkan pesan bahwa Pattimura adalah teladan bagi orang Maluku dalam memperjuangkan NKRI,” ujarnya.

    Anthon menambahkan ketangguhan dan kegigihan Kapitam Pattimura harus menjadi teladan bagi anak Maluku dalam memperjuangkan persaudaraan di tanah rantau.

    “Tujuan utama dari semua rangkaian kegiatan ini adalah untuk mempererat rasa kebersamaan dan persaudaraan sesama anak Maluku di perantauan tanah Papua, khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni,” tuturnya.(LP5/Red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...