26.9 C
Manokwari
Kamis, Mei 30, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Menuju PON XXI: Disuntik Rp50 M, KONI Papua Barat Minta Dana Tambahan

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat meminta pemprov mengalokasikan anggaran tambahan untuk persiapan menuju PON XXI 2024 yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Barat. Di PON 2024, Papua Barat akan memboyong 163 atlet dari 25 cabang olahraga.

    Hal ini menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi jajaran Pemprov PB bersama KONI di Hotel Aston Nui Manokwari, Senin (8/4). Rapat dihadiri Pj Gubernur Ali Baham Temongmere, Pj Sekda, Yacob Fonataba, Kepala Dispora, Sammi Saiba dan Pengurus KONI Papua Barat.

    Ketua KONI Papua Barat Domingus Mandacan menyampaikan, KONI telah melaksanakan sejumlah persiapan menghadapi PON XXI. Persiapan itu di antaranya pencanangan Puslapda PON XXI Aceh dan Sumatera Utara pada 23 Februari 2024. Lalu disusul pemusatan latihan daerah di Manokwari dan luar Manokwari selama 3 bulan.

    Baca juga:  Pegawai Pemprov PB Wajib Vaksinasi, Lapor Status Paling Lambat 31 Januari

    “Kita juga sudah melakukan pembinaan mental/vital bagi atlet, dan official dirumah sakit umum Papua Barat sebagai rumah sakit rujukan,” tuturnya.

    Selanjutnya kata Dominggus, dilakukan tes fisik bagi atlet. Presentasi program latihan oleh pelatih cabor, serta implementasi program latihan oleh atlet secara detail.

    Dikatakan Domingus, KONI Papua Barat berhasil meloloskan 25 cabor ke PON 2024. Di antaranya angkat berat, angkat besi, atlet bermotor, biliard, balap sepeda, bola voli, dansa, dayung, futsal, judo, jiujitzu, kick boxing, layar, menembak, muathay, dan panahan.

    Selain itu ada selam, selancar, tombak, senam, sepak bola, sepak takraw, dempo, tenis lapangan dan tinju.

    “Dengan total atlet sebanyak 163 peserta yang bertahan pada 42 nomor pertandingan, dan 43 perlombaan yang didampingi oleh 83 official,” terang Dominggus.

    Dominggus juga, menjelaskan, kontingen Papua Barat terdiri atas 2 sub kontingen. Yakni kontingen sub Aceh akan mengikuti 14 cabor dengan total atlet sebanyak 89 atlet, 58 official, dengan jumlah total kontingen 146 orang.

    Baca juga:  Waterpauw Berikan Bantuan Penanganan Bencana Rp2 Miliar untuk Kota Sorong

    “Sedangkan kontingen sub Sumatera Utara akan mengikuti 11 cabor dengan 74 atlet, 46 official, dengan jumlah total peserta sebanyak 120 orang peserta. Sehingga jumlah total kontingen KONI Papua Barat yang akan berlaga pada gelaran PON XXI Aceh dan Sumatera Utara 2024 sebanyak 246 orang yang terdiri atas 163 atlet, dan 83 official,” paparnya.

    Jumlah tersebut menurut penuturan Domingus Mandacan belum termasuk dengan rombongan Forkopinda Papua Barat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere selaku ketua kontingen.

    Domingus Mandacan juga menyampaikan ucapan terima kasih KONI papua barat kepada Gubernur Papua Barat dengan segenap OPD yang telah bersedia mengalokasikan pembiayaan tahap awal pelaksanaan Puslapda babak kualifikasi pra PON XXI Aceh dan Sumatera Utara sebesar Rp50 miliar.

    Baca juga:  Dance Sangkek: Hari Kebangkitan Nasional Momentum Perkuat Persatuan dan Kesatuan

    Menurut Dominggus, jumlah tersebut dirasa masih kurang. Di mana dibutuhkan biaya tambahan terkait akomodasi dan transportasi.

    “Oeh karenanya kami minta kesediaanya kepada Gubernur Papua Barat dan Pimpinan OPD Papua Barat dapat mendukung dan membiayai pelaksanaan penyelenggaraan ajang PON XXI Aceh dan Sumatera Utara 2024,” harap Dominggus.

    Sementara itu, Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menambahkan akan meninjau kembali pemberian bonus kepada para atlet.

    “Terkait dana Rp50 miliar merupakan dana yang dihibahkan Pemerintah Provinsi Papua Barat pada tahun kepada KONI Papi Barat, namun jumlah tersebut dirasa masih kurang untuk membiayai penyelenggaraan even PON XXI Aceh dan Sumatera Utara 2024 dibandingkan dengan penyelenggaraan event PON sebelumnya,” paparnya. (LP/13Red).

    Latest articles

    Ibu-ibu Pengajian di Mansel Dukung Frengki Mandacan Maju Pilkada 2024

    0
    MANSEL, LinkPapua.com - Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengajian di salah satu masjid di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, menyatakan dukungannya kepada bakal...

    More like this

    Ibu-ibu Pengajian di Mansel Dukung Frengki Mandacan Maju Pilkada 2024

    MANSEL, LinkPapua.com - Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengajian di salah satu masjid di...

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...