25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Masih Hadapi Gugatan di MK, KPU Manokwari Belum Tetapkan Caleg Terpilih

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sejumlah kabupaten di Papua Barat belum belum bisa melakukan penetapan anggota DPRD Kabupaten terpilih hasil Pemilu 2024.

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu menjelaskan belum ditetapkannya anggota DPRD kabupaten terpilih karena adanya gugatan perselisihan hasil pemilu (PHPU) pada wilayah tersebut di Mahkamah Konstitusi.

    “KPU Manokwari belum menggelar pleno penetapan caleg terpilih karena adanya gugatan partai di MK. Memang di Papua Barat ini ada 3 kabupaten yang belum menetapkan,”ungkap Rumkabu Jumat (3/5/2024) di Manokwari.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Luncurkan Maskot Pesparawi Nasional XIV 2025

    Secara terpisah, Komisioner KPU Manokwari Sidarman menjelaskan dalam sidang perdana di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta dipimpin oleh hakim MK Saldi Isra mendengarkan keberatan yang diajukan oleh partai Hanura.

    Baca juga:  Kadis Kesehatan PB: Kenali Gejala Awal Hepatitis Akut, Diare, Mual hingga Demam

    “Sidang perdana tadi mendengarkan keberatan dari pemohon. Materi keberatannya berkaitan dengan adanya pemindahan suara sepihak dari caleg Hanura ke PSI di salah satu kampung di Tanah Rubuh,”bebernya.

    Dikatakannya, untuk menghadapi PHPU tersebut, KPU sudah menyiapkan sejumlah bukti-bukti yaitu D hasil.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Berhasil Pulihkan 25 Anak dari Stunting

    “Dalam gugatannya, pemohon meminta agar suara yang diberikan ke PSI dikembalikan kembali ke Hanura. Kita sudah menyiapkan dokumen alat bukti yang dibutuhkan seperti D hasil tingkat distrik dan dokumen lain yang dibutuhkan,”tambahnya.

    Sidang lanjutan di MK sendiri akan digelar pada 8 Mei dengan mendengarkan jawaban termohon dalam hal ini KPU Manokwari.(LP3/Red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...