25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Maju di Pileg 2024, Sugandi Ingin Jadikan Parlemen Medan Pengabdian Luas

    Published on

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Pengusaha migas Teluk Bintuni, Sugandi maju di Pileg 2024 sebagai calon anggota legislatif dari Partai Golkar. Keputusannya terjun ke kancah politik bukan tanpa alasan. Ia ingin menemukan medan pengabdian baru di parlemen.

    Sugandi maju lewat daerah pemilihan Bintuni 1 untuk DPRD Teluk Bintuni.
    Keputusannya untuk maju di Pileg juga mendapat banyak dukungan dari masyarakat.

    Selain dikenal sebagai pengusaha minyak dengan mendirikan sejumlah SPBU di wilayah pesisir pantai dan pegunungan, Sugandi juga membuka puluhan pangkalan minyak tanah untuk memudahkan warga.

    “Orang usaha minyak itu, tidak ubahnya seperti orang berpolitik. Tujuan utamanya adalah melayani kebutuhan dasar masyarakat,” kata Sugandi, Rabu (24/1).

    Baca juga:  Pelantikan Panitia Mubes 7 Suku Teluk Bintuni Digelar di Gedung Women Centre

    Pria murah senyum ini sudah lama menekuni usaha BBM. Ia merintisnya dari nol.

    Ia mengaku memilih usaha itu, lantaran adanya misi sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, yakni misi melayani. Sugandi mengatakan, tak bisa dibayangkan bagaimana sulitnya kehidupan warga Bintuni jika tak ada pengusaha BBM, baik jenis Solar, Pertalite, Pertamax ataupun minyak tanah.

    Antrean panjang warga yang ingin membeli minyak tanah, dulu menjadi pemandangan rutin yang lazim terlihat.

    Selain itu, harga jual minyak tanah sering tak terkendali, jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah Daerah.
    Persoalan ini yang kemudian dibereskan Sugandi, dengan membuka puluhan pangkalan minyak tanah di bawah naungan Agen Minyak Tanah (AMT) CV Sugandi Qolbi Barokah.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Ikuti Dialog Penguatan Internal Polri Menuju Indonesia Emas

    Selain memudahkan masyarakat mendapatkan minyak tanah, Sugandi menjual komoditi migas itu Rp 6.000/liter, di bawah HET yang ditetapkan Pemerintah Daerah sebesar Rp 7.000/liter.

    “Alhamdulillah sekarang membeli minyak tanah sudah tidak antri lagi, sejak Pak Sugandi membuka banyak pangkalan minyak tanah. Harganya juga lebih murah. Minyaknya yang sekarang menunggu pembeli, bukan lagi pembeli yang menunggu minyak,” kata Susi Maryam, warga Kalitubi Kelurahan Bintun Timur Distrik Bintuni.

    Bagi Sugandi, melayani untuk membantu meringankan beban masyarakat adalah bagian dari ibadah. Hal ini yang mendasari Sugandi ingin melebarkan jangkauan pelayanannya ke masyarakat, melalui panggung yang lebih luas lagi.

    Baca juga:  Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola Hidup Sehat

    Dalam kontestasi Pemilu serentak yang digelar 14 Februari 2024, nama Sugandi masuk sebagai calon anggota DPRD Teluk Bintuni dari Partai Golkar. Pengusaha yang juga pernah duduk sebagai anggota Dewan ini, berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Bintuni 1, nomor urut 11.

    “Bagi saya, panggung politik itu adalah sarana untuk saya bisa melayani masyarakat lebih luas. Dengan kapasitas sebagai anggota Dewan yang memiliki kewenangan membuat kebijakan daerah, saya ingin memberikan pelayanan yang lebih. Bukan hanya melayani masyarakat yang membutuhkan BBM,” urainya. (LP5/red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...