25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Kumpulkan Forkopimda di Mansel, Ali Baham Bicara Keamanan-Kesejahteraan

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com- Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan di Lapangan Garuda, Ransiki, Manokwari Selatan, Jumat (15/12/2023). Ali Baham berbicara banyak hal. Dari soal keamanan hingga kesejahteraan rakyat.

    Hadir Bupati Manokwari Selatan Markus Waran, Plt Sekda Adolop Kawei dan Dandim 1808 Letkol Arm Adin Suroyo. Hadir juga Kapolres AKBP Eliantoro Jalmaf, Kabinda Papua Barat dan jajaran forkopimda.

    Bupati Markus Waran melaporkan situasi Kamtibmas di Manokwari Selatan kepada Ali Baham. Ia mengatakan, kondisi di Mansel sangat terkendali. Masa masa kampanye juga masih relatif kondusif.

    Baca juga:  Lantik Panpem Anggota MRPB, Waterpauw : Bekerjalah Jujur dan Adil Tampa Diskriminasi

    “Untuk itu, kami mohon arahan dan bimbingan dari Pj Gubernur. Sebagai petunjuk bagi kami pemerintah Manokwari Selatan, TNI/Polri dan masyarakat agar situasi bisa tetap aman,” katanya.

    Ali Baham dalam sambutanya memberikan gambaran tentang pemerintahan dan semangat awal terbentuknya Kabupaten Mansel. Kata dia, Kabupaten Manokwari Selatan lahir untuk memakmurkan rakyat. Karenanya, ini harus direfleksikan bersama.

    “Setelah kabupaten ini terbentuk dengan syarat-syaratnya maka kita berharap tidak ada lagi ancaman, serangan dan rongrongan dari luar maupun dari dalam. Dari luar itu, batas wilayah kita tidak boleh lagi ada dari luar serang-serang kita di sini,” jelasnya.

    Baca juga:  Curhat" ke Polda PB, DPRD Tambrauw Dapat Alasan Ketidaklulusan Peserta Seleksi Bintara Otsus

    Menurut Ali Baham, semua harus dalam keadaan aman. Tidak boleh lagi ada dari dalam kemudian menghasut sehingga penyelenggaraan pemerintahan tidak bisa berjalan dengan baik.

    “Ini pertama, berhubungan dengan keamanan,” katanya.

    Kedua berhubungan dengan tertib. Yakni tertib administrasi dan hukum.

    “Kalau ada masalah antar orang perorang maupun keluarga harus di proses secara tertib dan hukum, tidak boleh dengan cara-cara tidak tertib menurut hukum. Itu pentingnya, ada kepolisian, satpol, kejaksaan dan semuanya adalah supaya bagaimana masyarakat bisa tertib,” ucap Ali Baham.

    Baca juga:  Penurunan Stunting di Teluk Bintuni Dekati Target Nasional, Waterpauw: Ini Kerja Keras

    Setelah keamanan, selanjutnya adalah kesejahteraan. Menurut Ali Baham, sejahtera ini erat kaitannya dengan fungsi pemerintah daerah.

    Ini tanggung jawabnya sampai berjenjang hingga ke tingkat kampung. Semua bertanggung jawab menghadirkan kesejahteraan.

    “Oleh karena itu, dari aspek pembangunan tentunya kita sudah bisa melihat perkembangan di sini baik dari bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan semuanya,” tutupnya. (LP10/red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...