27.9 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Keren! Terobosan Gubernur Papua Barat Soal Lingkungan Hidup Masuk 5 Kemenangan Dunia

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kebijakan Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam melindungi hutan di Tanah Papua mendapat apresiasi dari National Geographic. Melalui rilisnya pada 9 Desember 2021, media ini menempatkan kebijakan perlindungan hutan yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat masuk dalam lima kemenangan dunia di bidang lingkungan pada 2021.

    National Geographic menulis, kebijakan Gubernur Papua Barat memberi harapan bagi kehidupan makhluk hidup di dunia.

    Saat ini dunia diperhadapkan pada kondisi yang menyedihkan, karena lebih dari satu juta spesies terancam punah. Kadar karbon dioksida di atmosfer terus meningkat dan planet ini diguncang oleh serangkaian perubahan iklim yang dipicu kejadian cuaca ekstrem.

    Sementara itu, dunia terus bergulat dengan pandemi mematikan yang sepertinya tidak akan pernah berakhir.

    Di pengunjung tahun 2021, ada aksi yang dilakukan berbagai pihak di dunia yang memberi alasan untuk merasa optimis tentang kondisi lingkungan hidup saat ini.
    Dalam publikasinya, National Geographic menulis Pemerintah Provinsi Papua Barat di Indonesia mencabut izin untuk 12 kontrak perkebunan kelapa sawit yang mencakup lebih dari 660.000 acre (area dua kali ukuran Los Angeles). Tiga perlima di antaranya masih berhutan perawan.

    Kelompok hak-hak lingkungan dan masyarakat adat mendesak pemerintah untuk melangkah lebih jauh dan mengakui hak-hak masyarakat adat di wilayah tersebut untuk mengelola hutan sendiri.

    Baca juga:  Dishut Papua Barat Fokuskan SDM, Peningkatan Ekonomi, dan Perubahan Iklim dalam Rakornis

    Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikulutura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Yacob Fonataba mengatakan kebijakan perlindungan hutan yang diterapkan Pemerintah Provinsi Papua Barat mendapat apresiasi dan perhatian media internasional. Papua Barat telah ikut mendukung untuk menjaga kepunahan spesies dan mencegah terjadinya deforestasi.

    “Kebijakan gubernur Papua Barat ini, mengacu pada moratorium perluasan dan penanaman kelapa sawit, juga mengacu pada Deklarasi Manokwari yang merupakan hasil ICBE 2018. Komitmen ini juga mendapat dukungan Komisi Pemberatasan Korupsi Republik Indonesia melalui Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam (GNPSDA).Apa yang telah kita lakukan telah berkontribusi dalam menjaga alam dan mencegah deforestasi di Tanah Papua,” tandasnya.

    Dari hasil evaluasi review perijinan penggunaan lahan di Papua Barat, telah terselamatkan 611.440,84 hektar lahan dari 24 perusahaan, dan yang masih berupa tutupan hutan luasnya 383.431,05 hektar.

    Sementara itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Papua Barat, Prof Dr Charlie D.Hetubun merasa bangga dengan publikasi ini. Sebagai inisiator International Conference on Biodiversity, Eco-Tourism and Creative Economy (ICBE) 2018, dirinya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang bekerja keras menjaga komitmen bersama yang dilahirkan pada ICBE 2018 melalui Deklarasi Manokwari.

    Baca juga:  TAPD Tak Hadiri Undangan Rapat DPR Papua Barat

    “Komitmen ini tidak hanya sebatas kata, tetapi diwujudkan dalam aksi dan tindakan nyata sehingga mendapat pengakuan dunia internasional. Publikasi itu menunjukkan bahwa apa yang dilakukan di Papua Barat adalah untuk kemaslahatan umat manusia dan menjaga bumi tetap sehat dan layak dihuni. Sehingga generasi berikut dapat menikmati udara yang segar dan mata air yang terus mengalir di masa yang akan datang, sesuai pesan bapak Gubernur Papua Barat – Drs. Dominggus Mandacan, M.Si, agar kita mewarisi air mata bagi anak cucu kita, bukan sebaliknya meninggalkan air mata bagi mereka,” jelasnya.

    Sekadar diketahui, Kebijakan Pemerintah Provinsi Papua Barat ini, oleh National Geographic dikelompokkan dalam kemenangan lingkungan di bidang Perlindungan Hutan bersama kemenangan yang dicapai pada Konferensi Iklim PBB di Glasgow untuk mengakhiri deforestasi pada tahun 2030.

    Kemenangan di bidang Perlindungan Hutan juga dicapai di Republik Demokratik Kongo. Pada bulan Oktober, Presiden Felix Tshisekedi dari Republik Demokratik Kongo menyerukan audit atas konsesi hutannya yang luas dan penangguhan semua kontrak yang meragukan sampai audit selesai.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Dampingi Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Produksi Pala di Fakfak

    Beberapa minggu kemudian, pemerintah mundur dari rencana untuk mencabut moratorium berusia 19 tahun atas pemberian izin penebangan baru di Hutan Cekungan Kongo. Empat kemenangan lingkungan lainnya pada Tahun 2021 yang dipublish National Geographic.

    Pertama, terkait penundaan penggunaan bahan bakar fosil yang dihasilkan pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang diadakan di Glasgow. Kedua, pembatasan penggunaan bahan plastik yang berhasil dilakukan di Negara Bagian Washington dan di California Amerika Serikat. Ketiga, kemenangan di bidang Restorasi Habitat yang dilakukan di Amerika yang mulai memulihkan perlindungan habitat.

    Lalu di Panama yang melipatgandakan luas Kawasan Konservasi Laut Cordillera de Coiba. Demikian juga dengan Portugal yang mendirikan cagar alam laut yang dilindungi sepenuhnya dan terbesar di Eropa.

    Keempat, dukungan pemulihan satwa liar. Contohnya di China yang mengumumkan pembuatan Taman Nasional Panda Raksasa, bagian dari sistem taman baru yang akan mencakup area hampir sebesar Inggris Raya. Taman ini dirancang untuk melindungi spesies asli seperti harimau Cina Timur Laut, macan tutul Siberia, dan siamang jambul hitam Hainan.(LP3/Red)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan...

    Pit Mandacan Daftar di Perindo Maju Pilkada Mansel 2024

    MANSEL,LinkPapua.com - Pit Mandacan resmi mendaftarkan diri di DPD Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel)...

    AMPI Papua Barat Kecam Pernyataan Qodari yang Sebut Golkar Berkhianat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Plt Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Papua Barat Guntur Setiawan...